Foto: Shutterstock

Hidup Adalah Masalah

Foto: Shutterstock

INSPIRADATA. Hidup tanpa masalah? Hal yang mustahal. Masalah adalah bumbu kehidupan. Apa jadinya masakan tanpa bumbu? Dia akan hambar. Pun dengan kehidupan yang tanpa masalah. Semenjak kita dilahirkan kita sudah dikelilingi oleh masalah yang akan dihadapi dalam hidup.

Jangan khawatir kita tidak punya masalah, sebab masalah pasti akan datang. Kita harus sabar menantinya. Meski kita tidak mencari masalah, masalah akan menemukan kita meski kita bersembunyi.

Jangan khawatir ketika masalah itu datang. Sebab masalah sudah pasti akan datang. Kita harus bersabar menyelesaikannya. Tapi ingat, jangan mencari masalah. Sebisa mungkin, hindarilah masalah.

Sebuah gembok tidak pernah diproduksi tanpa anak kunci yang sama dan Allah tidak pernah memberikan permasalahan tanpa penyelesaiaan. Kita hanya perlu berdoa, berusaha dan bersabar untuk membukanya.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” (QS.2:286).

Masalah akan mendewasakan kita dan membuat kita lebih tajam. Bukankan pisau yang tajam diasah berpuluh, ratus, atau ribuan kali untuk menemukan kesempurnaan ketajamannya? Bukankah kenaikan kelas derajat manusia juga harus diuji dengan masalah?

Yang patut kita perhatikan adalah justru ketika kita merasa tidak punya masalah dalam hidup ini. Mungkin itu saatnya kita sudah mulai harus menyiapkan tanah berukuran 1 x 1 meter, dengan arti kita sudah berhenti bernafas. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *