Unik, Informatif , Inspiratif

13 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan dan Kecantikan

0

Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui manfaat delima. Buah delima merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari negeri timur tengah, yang biasa ditanam pada tanah gembur namun tidak banyak air.

Buahnya memiliki tiga jenis, ada yang putih, merah dan hijau. Manfaat delima juga sering digunakan untuk salad pada makanan diet atau dijadikan sirup. Seperti makanan alami pada umumnya, manfaat delima juga melimpah karena kandungan zat baik di dalamnya.

Kandungan nutrisi yang mampu diberikan oleh buah delima, memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Dikutip dari ameliatips.com, beberapa manfaat delima itu, diantaranya:

1. Membantu regenerasi sel

Flek hitam terjadi karena kulit Anda telah mengalami kerusakan, biasanya ditandai dengan bintik-bintik pada kulit wajah. Jika demikian, segeralah rawat kulit Anda agar kerusakannya tidak semakin parah.

Delima dapat membantu mengatasi masalah pada kulit Anda, kandungan antioksidan pada buah ini mampu melindungi lapisan kulit dan membantu regenerasi kulit pada bagian dalam agar tidak terjadi kerusakan. Senyawa tersebut juga membantu kulit menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh berbagai polusi.

2. Merawat kulit

Kandungan buah delima yang pertama yaitu kaya akan kolagen. Tahukah Anda apa itu kolagen? Kolagen adalah komponen dasar kulit yang dapat menjaga kulit agar tetap halus dan lembut. Jadi, jika Anda menginginkan kulit tetap sehat maka mengkonsumsi buah delima secara rutin adalah pilihan terbaik

3. Sebagai obat jerawat

Delima juga mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin inilah yang mengatur produksi minyak pada wajah agar tetap  normal. Untuk mengobati jerawat dengan buah ini, langkah yang harus Anda lakukan. Pertama, haluskan delima hingga lembut, lalu oleskan pada wajah secara merata. Jika telah mengering, bilas dengan air bersih.

4. Mencegah penuaan dini

Buah delima juga dapat mencegah penuan dini. Hal ini dikarenakan buah delima mengandung senyawa yang dapat mencegah penuaan dini.

Anda dapat mengonsumsi buah delima secara langsung ataupun dibuat menjadi jus, Anda juga dapat memakai buah delima dalam bentuk minyak, minyak delima tersebut oleskan ke seluruh tubuh setelah mandi. Jika melakukannya secara teratur, kulit Anda akan lebih kencang dan tampak lebih awet muda.

5. Melembabkan kulit

Masalah yang sering terjadi pada kulit wajah yaitu kulit wajah kusam, kasar dan kering. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan buah delima sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit wajah.

Struktur daging yang kecil dapat menyebabkan delima masuk kebagian kulit terdalam sehingga sangat efektif bekerja untuk melembabkan kulit wajah Anda. tidak hanya itu saja, buah delima juga dapat mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit, karena buah delima mengandung omega 5 yang berfungsi untuk menjaga agar kulit wajah tetap lembab.

6. Mengobati iritasi pada kulit

Telah disampaikan diatas bahwa buah delima dapat mengobati iritasi pada kulit. kandungan polifenol dan zat anti-imflamasi dapat dijadikan sebagai obat yang efektif untuk mengatasi iritasi pada kulit ataupun kulit yang terkena luka bakar.

Anda cukup membuat salep dari buah delima. Caranya pun dapat dibilang gampang, hanya dengan  menghaluskan buah delima dan kemudian tempelkan pada kulit Anda yang terluka. Setelah kering, bilas dengan air dingin secara perlahan agar tidak perih. Lakukan hal tersebut hingga luka Anda sembuh. Untuk mendapat hasil yang maksimal, konsumsi juga jus buah delima.

7. Mengatasi anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

8. Mencegah penyakit jantung

Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa arti hasil untuk kondisi seperti serangan jantung, dengan demikian hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.

9. Menurunkan berat badan

Manfaat antioksidan pada buah delima membantu Anda untuk mengendalikan berat badan. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, jus buah delima sangat cocok karena senyawa-senyawa yang ada pada buah ini secara cepat dapat menghilangkan kalori.

10. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Buah delima yang berukuran sedang mengandung sekitar 15% -20% vitamin C tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh Anda. untuk itu, konsumsilah buah delima setiap harinya minimal satu bauh delima berukuran sedang agar kebutuhan vitamin C harian Anda terpenuhi.

11. Mencegah kanker

Pada buah delima terdapat senyawa yang disebut flavenoid. Zat flavenoid itu sendiri adalah salah satu jenis zat antioksidan tinggi yang sangat berguna untuk mengatasi dan mencegah timbulnya kanker pada tubuh.
Jika Anda ataupun kerabat Anda ada yang mengidap penyakit kanker, sarankanlah untuk mengonsumsi buah delima karena buah yang satu ini telah terbukti dapat melawan sel kanker yang berkembang. Tetapi tidak semua jenis kanker dapat dapat diobati dengan buah delima, hanya beberapa jenis kanker yang dapat diatasi dengan buah ini diantaranya kanker prostat dan kanker paru-paru.

12. Mencegah osteoarthritis

Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

13. Melindungi otak bayi

Pada saat kehamilan, pemenuhan nutrisi sangat diperlukan agar janin yang dikandung nantinya tidak lahir prematur. Tahukah Anda bahwa delima sangat baik dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil.

Hal ini dikarenakan senyawa yang ada pada buah ini mampu melindungi otak bayi, mengurangi kemungkinan bayi lahir prematur dan menjaga berat badan bayi menjadi lebih standar. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh dokter-dokter yang terkemuka. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.