Unik, Informatif , Inspiratif

15 Tips Praktis Rawat Sepatu (2-Habis)

0

Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, akan nyaman dikenakan. Menambah daya tarik dari penampilan dan tentunya rasa percaya diri. 

Melanjutkan dari artikel sebelumnya, berikut ini beberapa tips dan cara merawat sepatu yang baik dan benar.

7. Keringkan kaki – Kaki yang basah akan membuat kaus kaki Anda juga basah. Kondisi di dalam sepatu akan menjadi lembab. Jika Anda terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepatu juga akan menjadi bau.

BACA JUGA: Tips Memilih Sepatu Sesuai Bentuk Kaki

8. Miliki beberapa pasang sepatu – Jika sepatu yang sama Anda gunakan secara terus menerus, sepatu akan cepat berkerut. Istirahatkan sepatu Anda, sehingga awet dan tetap dalam performa terbaiknya.

9. Bersihkan kotoran lumpur ketika kering – Lumpur di sepatu atau sering kita sebut “belok” sangat sering kita alami. Pada sneakers noda lumpur biasanya agak sulit dibersihkan. Karena sneakers biasa dipakai di lingkungan outdoor. Jangan Anda bersihkan ketika lumpur masih basah, hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Lumpur akan tersebar ke seluruh permukaan. Jika sudah kering, Anda bisa benturkan bagian yang terkena lumpur. Agar kotoran lumpur rontok dan lebih mudah dibersihkan.

10. Hindari mencuci dengan mesin cuci – Sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Beberapa lem di sepatu juga akan mudah lepas. Ada baiknya Anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen.

11. Sepatu sneakers canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Sepatu Agar Menghemat ruang

12. Jauhkan dari sinar matahari langsung – Ketika Anda menjemur, hindari sinar matahari langsung. Karena sepatu akan mudah cepat rusak dan warna akan cepat pudar. Sepatu akan terlalu kering dan merusak bentuk aslinya.
13. Gunakan baking soda untuk penghilang bau – Anda bisa taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari. Lalu Anda bersihkan taburannya di pagi hari.

14. Simpan dengan baik dan rapih – Apa yang Anda lakukan setelah selesai beraktifitas dan pulang ke rumah? Bagaimana anda memperlakukan sepatu Anda? Apakah asal lepas dan bergeletakan tak beraturan? Jika iya, mulailah untuk berubah.

15. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan sepatu Anda. Sediakan rak atau apapun itu agar sepatu Anda tertata dengan rapih. Jika memang sepatu Anda jarang digunakan, Anda bisa meletakkannya di dalam box/kotak kardus agar sepatu Anda terhindar dari debu dan kotor. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.