Bakso, dari Tiongkok ke Tanah Jawa

resep-baksoINSPIRADATA. Bakso terbilang sebagai kuliner yang paling popular di Indonesia. Kuliner ini mudah sekali dijumpai di hampir seluruh wilayah, mulai dari desa hingga kota, dari tingkat hotel berbintang  hingga ke pedagang kaki lima.

Dilansir dari cumibunting.com, Menurut KBBI, bakso adalah makanan terbuat dari daging, udang, ikan yg dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat. Dari mana asalnya?

Bakso di Indonesia dipopulerkan oleh masyarakat Tionghoa. Istilah bakso juga diambil dari kata Bak-So dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang artinya daging giling. Dikarenakan penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim maka kebanyakan bakso dibuat dari daging halal seperti daging ayam, sapi maupun ikan. Pada perkembangannya banyak pedagang bakso yang berasal dari tanah Jawa, sehingga kuliner  ini identik dengan kota-kota di daerah Jawa tengah, yaitu Malang, Solo, dan Wonogiri.

Di kota Malang bakso disajikan dengan berbagai olahan pangsit dan tahu bakso. Sehingga isinyaseporsi bakso ini terlihat ramai dibandingkan bakso yang lainnya. Berbeda dengan Wonogiri dan Solo, ciri khas dari kedua kota ini berasal dari kuah kaldu. aroma kaldu sapinya membuat orang ketagihan mencicipi kuliner yang satu ini.

Adapun jenis-jenis bakso yang terkenal di Indonesia dapat dibedakan berdasarkan  bahan dasarnya. Jenis bakso tersebut antara lain: Bakso sapi, bakso ayam, bakso udang, bakso ikan, bakso urat, bakso keju, bakso telur, dan bakso malang, bakso bakar dan bakso tulang, bakso tahu, bakso cilok dan bakso cuanki.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *