19 Desember: UGM, TRIKORA dan Pembebasan Papua dari Belanda

0

19 Desember, peringatan Hari Bela Negara (HBN). Penetapan hari bersejarah ini ini dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 28 Tahun 2006.

Hari bersejarah itu membersitkan benak pada deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

BACA JUGA: Jarang Diketahui, Ini Sejarah Hari Bela Negara

Selain itu, ada beberapa hari bersejarah bagi bangsa ini pada tanggal 19 Desember itu. Berikut ulasannya:

Berdirinya Universitas Gadjah Mada – 1949

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949, Pemerintah Republik Indonesia mendirikan Universitas Gadjah Mada yang merupakan universitas pertama didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. Yang kemudian melahirkan alumni orang-orang berpengaruh dan tulang punggung bangsa,

Akhirnya pada 19 Desember 1949 UGM berdiri di Bulaksumur, Yogyakarta dengan enam fakultas. Menurut Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 juga disebutkan keenam fakultas tersebut adalah Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Sastra dan Filsafat.

Rektor pertama (Presiden) UGM yaitu, Prof. Dr. M. Sardjito. Pada saat yang sama juga ditetapkan Senat UGM dan Dewan Kurator UGM yang terdiri dari Ketua Kehormatan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Ketua adalah Sri Paku Alam VIII, seorang wakil ketua dan anggota.

Operasi Trikora – 1961

Operasi militer TRIKORA (Tri Komando Rakyat) merupakan konflik dua tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Ketika Belanda masih mengklaim bahwa Irian Barat masih merupakan wilayah kekuasaannya, Indonesia segera mengerahkan operasi militer secara besar-besaran untuk mengusir Belanda dari wilayah NKRI.

BACA JUGA: PBB Pernah Tolak Petisi Kemerdekaan Papua Barat

Mempertahankan wilayah Papua bagian barat dari Belanda ini menyisakan sejarah penting di dunia militer Indonesia. Pasalnya, TRIKORA ini diperintah langsung dari Presiden Soekarno untuk membebaskan wilayah tersebut pada 19 Desember 1961. Konflik ini berakhir pada 15 Agustus 1962.

Tiga isi penting trikora:

– Gagalkan negara boneka Papua
– Kibarkan bendera Merah-Putih di Papua
– Bersiap untuk mobilisasi umum. []

SUMBER: OKEZONE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.