Unik, Informatif , Inspiratif

2 Cara Jitu Bedakan Oli Asli dengan Oli Palsu

0

SEIRING terus bertambahnya jumlah kendaraan di Indonesia, permintaan oli pun otomatis ikut bertambah. Mengingat fungsi oli yang sangat penting sebagai pelumas mesin, kini banyak bermunculan merek oli dengan berbagai kelebihan.  Namun Anda patut waspada, pasalnya kini banyak oli palsu beredar di pasaran. Salah dalam membeli oli justru dapat merusak komponen mesin mobil maupun motor.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mampu memperhatikan dan membedakan mana oli asli dan palsu, jika tak ingin menyesal kendaraan Anda rusak.

BACA JUGA: Lumasi Rantai Sepeda Motor, Pilih Pakai Chain Lube atau Oli Bekas?

Sebagai orang awam, pasti sulit mengetahui ciri-ciri oli asli. Rata-rata, saat sedang mengganti oli, banyak dari kita memilih untuk menunggu di ruang tunggu dan tidak memerhatikan montir yang sedang mengganti oli.

Sebelum mempercayakan kepada montir ada baiknya pemilik kendaraan memeriksa terlebih dahulu oli yang digunakan.

Walaupun sulit dikenali, ada beberapa hal mudah yang bisa diketahui dan menjadi ciri oli palsu, seperti dilansir Liputan6:

1 Label

Beberapa pelaku pemalsuan oli akan berusaha untuk menekan biaya pembuatan, sehingga umumnya akan membuat label terlihat tidak mencolok dan kurang begitu diperhatikan. Anda bisa melihat produk palsu dengan memperhatikan label apakah nampak kusam.

BACA JUGA: Narapidana Ini Bantu Polisi Bobol Mobil

Cara untuk memastikannya cukup mudah, umumnya stiker yang digunakan pada kemasan berbahan bontax untuk menutupi aksinya. Sedangkan, pack yang asli menggunakan stiker vinyl yang jauh lebih kuat dibanding bontax.

2 Kemasan Botol

Untuk memastikan oli palsu atau tidak, Anda juga bisa melihat dari kemasan botol. Cara termudah untuk mengenali oli palsu adalah warna kemasan botol apakah nampak kusam. Botol oli asli biasanya memiliki tampilan dan kemasan yang lebih baik, jauh berbeda dari botol oli palsu bekas. []

SUMBER: LIPUTAN 6


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline