facebook
Foto: Daily Express

2 Cara Lindungi Data Online Anda dari Skandal Facebook

Dalam waktu singkat, tagar #DeleteFacebook menggema secara global di jejaring sosial Twitter. Hal itu menyusul ramainya pemberitaan bahwa data jutaan pengguna Facebook bobol secara ilegal oleh Cambridge Analytica. 

Walaupun menghapus Facebook adalah cara paling mudah dan aman agar data kita tidak disalahgunakan, Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk memproteksi data online dan informasi privasi Anda di jagat internet.

Berikut di antara beberapa caranya seperti dilansir dari Merdekacom.

1. Cegah Facebook untuk membagi data Anda

Mungkin menghapus atau deactivate Facebook adalah opsi yang tidak ingin Anda lakukan.

Namun, Anda harus berhati-hati dengan berbagai aplikasi yang telah Anda login lewat Facebook selama bertahun-tahun memakai Facebook.

Mungkin Anda tidak sadar, tetapi banyak aplikasi yang memberi opsi “masuk dengan Facebook” yang sungguh mudah, ketimbang memasukkan username dan password.

Hal ini cukup berbahaya karena pengguna seringkali tak menyadari bahwa cukup banyak aplikasi pihak ketiga yang dengan mudah bisa mengakses data personal Anda.

Anda bisa melakukan pembersihan, dengan masuk laman aplikasi di akun Facebook Anda di menu setting dan Anda bisa langsung lihat aplikasi apa saja yang terkoneksi dengan akun Anda.

Anda bisa memilih aplikasi apa yang ingin Anda hapus.

Anda juga bisa untuk mematikan akses dari aplikasi yang Anda tidak hapus dengan mematikan tanda cawang di informasi seperti ulang tahun Anda, kota tempat tinggal, atau pandangan politik.

2. Menghapus Facebook

Jika cara ini terlalu rumit, atau Anda memang sudah tak ingin menggunakan Facebook lagi, Anda bisa menghapus akun Anda atau opsi deactivate.

Facebook memiliki laman khusus untuk menuntun Anda mematikan akun Anda.

Namun, Anda tidak akan dapat mengaktifkan kembali akun Anda atau mengakses konten atau informasi apa pun yang Anda bagikan di masa lalu.

Proses menghapus data Anda pun juga memakan waktu, jadi proses menghapus Facebook sebenarnya agak dipersulit sendiri oleh Facebook.

Facebook sendiri dalam laman Help mereka menulis bahwa “mungkin diperlukan waktu hingga 90 hari sejak awal proses penghapusan untuk menghapus semua hal yang telah Anda poskan, seperti foto Anda, pembaruan status, atau data lain yang disimpan dalam sistem backup.”

Data-data Facebook Anda sendiri bisa Anda unduh dengan melakukan Unduh Salinan Data Facebook Anda, lewat Setting, lalu General. []

 

 


Artikel Terkait :

About matiar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *