Sa’ad Judallah, Bintang Kejora Rakyat Palestina

2014-relatives-mourn-after-israel-killed-four-children-playing-footballINSPIRADATA. Dalam kurun waktu terakhir, konflik Israel-Palestina tidak pernah absen dari perhatian dunia. Perjuangan rakyat Palestina melahirkan beberapa nama tokoh pejuang yang kemudian dikenal dunia, seperti Ahmad Yasin dan putranya. Selain mereka, dari kalangan wanita Palestina pun bermunculan bebrapa nama. Salah satunya Sa’ad Judallah.

Ibu dari 5 orang putra itu lahir di desa Sanburah kota Nablas, Palestina, pada tahun 1956. Ia terkenal cerdas dan pandai. Ia selalu menanamkan sikap mental yang baik ke dalam diri anak-anaknya, yaitu Kewibawaan, kemuliaan dan cinta tanah air.

Ia sangat menyayangi anaknya yang bernama Ahmad, seorang pejuang Palestina. Ia mengatakan kepada anaknya, “Aku telah memasrahkanmu kepada Allah.” Dan, berpesan kepadanya, “Aku tidak ingin mendengar kematianmu di tengah-tengah maut atau tembakan yang sepele. Aku ingin mendengar engkau mati di saat berjuang menghadapi penjajah.”

Demikianlah kelapangan dan ridho seorang ibu, mengahnatarkan anaknya menjemput syahid dalam perjuangannya membela tanah air. Tiga bulan setelah kepergian Ahmad, Saat ia dan kedua anaknya yang lain sedang berusaha mencari tahu kekuatan musuh yang berada di pintu masuk Nablas barat, ia terkena tembakan . saat itulah Sa’ad Judallah menjemput syahidnya.

Perjuangannya mengingatkan kita pada sosok Al Khansa bin Amru, ibu para syuhada yang merelakan semua anaknya berjuang di jalan Allah. Sedangkan Sa’ad Judallah sendiri dijuluki Bintang Kejora Rakyat Palestina. []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *