betina
betina (Foto: DW)

Ketika Betina Memipin, Inilah yang Terjadi

INSPIRADATA. Ketika betina memimpin, banyak yang bilang seharusnya laki-laki. Memang begitu seharusnya bagi manusia, selama ada lelaki yang bisa memimpin, lalu jika tak ada, kenapa tidak betina atau perempuan?

Di dunia binatang, hal tersebut bisa disebut berlaku.

Ratu lebah berkuasa

betina
betina (Foto: DW)

Lebah dan serangga lainnya, sangat penting bagi manusia, karena hewan menyerbukkan sekitar 30 persen dari tanaman pangan. Lebah bekerja berdasar hirarki dan diatur dengan sistem ketat.

Peminpin sarang adalah Ratu Lebah, yang bertugas melakukan reproduksi terus menerus, untuk menjamin keberlanjutan populasi.

Nenek super

Orca Wale (Public Domain)

Orca atau paus pembunuh betina bisa hidup sampai usia 90-an, tapi dalam paruh kedua hidupnya tidak lagi mampu berkembang biak. Biasanya mamalia laut ini mengambil peran sebagai nenek dan menjadi aset penting bagi kelompok.

Nenek Orca menawarkan perlindungan ekstra pada bayi paus dan mengajari cara berburu mangsa. Nenek paus pembunuh ini menjamin kelangsungan hidup generasi berikutnya.

Skuad perempuan

Elefant Elefanten Herde Elefantenherde Afrika Tansania (Fotolia/dmussman)

Gajah jantan cenderung meninggalkann kelompoknya saat menginjak usia dewasa, gajah betina menjalankan sistem sosial yang kompleks.

Seekor induk alpha yang dominan memimpin kelompok tersebut. Jika ada anak gajah lahir, kelompok merawatnya bersama-sama. Ini adalah kombinasi sempurna antara mencari makan, merawat anak dan cuti melahirkan.

Ibu pelindung

Deutschland Köln Zoo Flash-Galerie 013 (DW/Nelioubin)

Setiap aspek kehidupan Meerkat diperintah oleh seekor betina yang dominan.

Kehidupan sosial dan tugas sehari-hari berjalan ibarat rutinitas: merawat anak di pagi hari, terbaring di bawah sinar matahari, membersihkan sistem terowongan sarang, dan mencari makan. Ibu pelindung memastikan bisa kendalikan gerombolannya dengan tegas.

Bercinta ketimbang perang

Tierbabys Bonobo-Baby (picture-alliance/dpa/C. Schmidt)

Bonobo punya kemiripan DNA 98 persen dengan manusia. Meskipun masyarakat kera besar ini dipimpin oleh betina yang dominan, hewan tetap egaliter.

Bonobo cenderung sangat komunikatif, peduli dan penyayang. Kegemaran hewan ini untuk bercinta, jarang memicu kerusuhan dan justru mendorong perdamaian di antara kelompok tersebut.

Sumber


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *