Inspirasi dan Data

Sambal, Inilah Manfaatnya

0 96

manfaat-sambal sambal-  - Sambal, Inilah Manfaatnya -INSPIRADATA. Kuliner Indonesia identik dengan rasa pedas. Orang Padang terkenal dengan selera pedasnya melaui nasi padang dan juga rendang. Begitu juga dengan orang sunda, yang identik dengan sambal sebagai pelengkap makannya. Kuliner pedas yang terwakili oleh sambal ini memang sudah membumi. Selain membuat rasa masakan semakin mantap, sambal juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari satujam.com, berikut ini manfaat sambal bagi kesehatan kita:

  1. Menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian para ilmuan menemukan bahwa makanan pedas dapat membakar lebih banyak kalori karena mampu meningkatkan metabolisme hingga 8 persen. Selain itu, biasanya kebanyakan orang tidak akan mampu menghabiskan satu porsi makanan pedas sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit.
  2. Menyehatkan jantung.  Dalam sebuah studi oleh American Chimical Society disebutkan bahwa kandungan capsaicin seperti yang terkandung dalam masakan pedas dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol sekaligus membantu meningkatkan aliran darah dengan menghambat gen yang mengakibatkan penyempitan pada arteri di jantung.
  3. Mencegah kanker. Menurut data dari American Cancer Society, beberapa makanan pedas terbukti memiliki sifat penangkal kanker. Capsaicin telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel-sel yang dapat menyebabkan kanker prostat. Selain cabai, rempah-rempah pedas lainnya yang mengandungcurcumin antioksidan aktif juga diklaim bisa mencegah kanker.
  4. Menurunkan tekanan darah. Senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat meningkatkan nitric oxide yang dapat melindungi peradangan dan menurunkan tekanan darah.
  5. Mengontrol gula darah. Pada bawang merah yang terkandung dalam sambal terdapat mineral kromium yang bisa membantu proses insulin menjadi lebih baik dan menurunkan kadar gula darah pada tubuh.
  6. Mencegah peradangan. Capsaicin bermanfaat sebagai anti inflamasi yang kuat.
  7. Mengatasi penyakit usus. Sebuah studi yang dilakukan Duke Univesity menemukan bahwa capsaicin yang berfungsi sebagai obat untuk penyakit radang usus. Zat ini dapat membantu membunuh bakteri pylori, yang dapat mencegah sakit maag.[]
loading...
loading...
Comments
Loading...