Ternyata Pertengkaran Ada Manfaatnya Bagi Pernikahan

manfaat-bertengkar-bagi-pasangan-suami-istriINSPIRADATA. Semua pasangan tentunya menginginkan hubungan pernikahan yang bahagia, damai tanpa adanya masalah apapun. Namun, masalah bisa saja datang dan menimpa hubungan pernikahan siapa pun, meski pasangan itu sendiri sudah berusaha dengan baik menjaga pernikahannya.

Ada beberapa faktor utama yang memicu timbulnya masalah dalam pernikahan. Dilansir dari bisiskan.com, penyebab pertengakaran yang biasanya hadir dalam pernikahan antara lain: kurangnya komunikasi, egois dan memikirkan diri sendiri, pemilihan waktu diskusi  yang tidak tepat, meninggalkan pasangan saat berdebat, dan membentak pasangan.

Sering bertengkar itu tidak baik, namun, pertengkaran yang terjadi dalam pernikahan ternyata memiliki manfaat tersendiri. Berikut ini manfaat pertengkatan dalam pernikahan yang hikmahnya dapat diambil sebagai pelajaran untuk menata kehidupan rumah tangga yang lebih harmonis di masa depan:

Mempererat hubungan. Setelah mengalami pertengkaran, mungkin akan timbul perasaan lebih dekat dengan pasangan. Hal ini disebabkan karena anda dan pasangan telah berhasil melalui masa sulit dan menemukan jalan keluar, sehingga terbebas dari beban.

Lebih mengenal sifat pasangan. Melalui pertengkaran, anda dan pasangan bisa mengenal lebih jauh antara satu dan yang lainnya. Karena sifat asli seseorang akan meluap dan lebih terlihat ketika terjadi pertengkaran. Dari sana anda bisa belajar untuk lebih memahami pasangan anda, sehingga jika nanti pertengkaran kembali terjadi anda sudah bisa lebih siap menghadapinya dengan baik.

Belajar mengendalikan emosi dan memaafkan. Salah satu kunci agar pasangan terhindar dari pertengkaran yaitu kemampuan dirinya untuk mengendalikan dan mengontrol emosi. Hikmah dibalik terjadinya pertengkaran yaitu pasangan bisa melihat lebih bijak serta memaafkan kesalahan masing-masing.

Membuat pernikahan menjadi tidak membosankan. Setelah sekian lama menjalin pernikahan, tentunya rasa bosan akan ada. Nah, pertengkaran yang terjadi bisa membuat pernikahan menjadi tidak membosankan lagi, karena biasanya setelah bertengkar rasa sayang dan cinta akan muncul kembali.

Ajang pendewasaan diri. Adakalanya pasangan suami-istri masih berpikir kekanak-kanakan. Bahkan, karena tidak bisa mencari jalan keluar dengan baik, jalan pintas yang diambil yaitu pertengkaran. Namun, dengan pertengkaran tersebut meraka akan belajar untuk mendewasakan dirinya masing-masing.

Membuat perasaan lebih lega. Ketika bertengkar, semua uneg-uneg atau perasaan yang mengganjal akan dikeluarkan sepenuhnya. Sehingga secara otomatis perasaan akan lebih tenang dan lega.

Mengatasi Salah Paham. Kesalahpahaman yang terjadi di antara masing-masing pasangan membutuhkan titik temu untuk menyelesaikannya. Untuk mencari titik temu tersebut terkadang berujung pada pertengkaran.

Menyelesaikan Masalah. Pertengkaran muncul karena adanya masalah. Ketika selesai bertengkar, maka otomatis anda dan pasangan akan dipancing untuk mengeluarkan pendapat masing-masing sehingga akar dari permasalahan yang menyebabkan pertengkaran pun bisa ditemukan dan ditelaah.

Lepas dari itu, hindarilah pertengkaran yang berlarut-larut apalagi sampai menjurus pada kekerasan.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *