Penaklukan Hati, Sebelum Penaklukan Jasad

Penaklukan Hati, Sebelum Penaklukan Jasad

hatiINSPIRADATA. Islam adalah rahmatan lil’alamin. Artinya ia rahmat bagi seluruh alam. Seluruh aturannya sangat bermanfaat bagi seluruh umat manusia di dunia.

Apa yang di perintahkan Allah SWT pasti ada kebaikan di dalamnya, dan apa yang dilarang Allah SWT pasti ada keburukan di dalamnya. Ribuan tahun yang lalu sejak Islam mulai menginjakan kakinya di Eropa ia datang membawa kedamaian. Para syuhada membawa misi penaklukan hati sebelum penaklukan jasad, karena Islam datang dengan keadilannya bagi seluruh umat manusia.

Seluruh kehidupan akan hampir punah seandainya Allah tidak melindungi sebagian yang lain. Demikian pula, seandainya karakter dasar manusia manusia tidak dijadikan Allah memiliki kepentingan dan orientasi yang berbeda-beda. Dari perbedaan ini lahir seluruh kekuatan yang ada pada diri manusia. Akhirnya, terwujudlah kebaikan dan kemajuan melalui komunitas pilihan yang mengetahui kebenaran yang ditunjukan Allah SWT.

Dalam bentang sejarah, berapa banyak perang tersulut oleh hawa nafsu? Bukan oleh kebenaran. Banyak kepentingan-kepentingan yang menghancurkan dunia. Dua perang dunia tentu masih segar dalam ingatan kita. Begitu pula bangsa Romawi yang membawa kerusakan ke setiap kota yang di dudukinya.

Namun sebaliknya, dalam penaklukan-penaklukan Islam terangkum beberapa kalimat ini: untuk menyingkirkan setiap tabir yang menghalangi pancaran cahaya ilahi menyentuh hati manusi; menegakan kalimatullah (kebenaran Islam); menjadikan penghambaan hanya kepada Allah SWT semata; membebaskan manusia dari dari penghambaan kepada makhluk, ; dan untuk memakmurkan bumi setelah Allah memasrahkannya ke tangan manusia. Jadi penaklukan-penaklukan yang dilakukan oleh kaum Muslimin adalah penaklukan yang memuluskan cahaya Allah menembus jiwa manusia, yaitu penaklukan hati sebelum penaklukan jasad. [] Sumber: Dari Puncak Andalusia/Dr. Tariq Suwaidan/Zaman


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *