Kopi, Ini Manfaat dan Bahayanya bagi Wanita

18

kopi kopi, manfaat, bahaya, wanita-  - Kopi, Ini Manfaat dan Bahayanya bagi Wanita -INSPIRADATA. Kopi merupakan minuman populer di dunia yang bukan hanya digemari pria tapi juga wanita. Kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk, dan menjaga stamina dalam aktivitas keseharian kita. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa konsumsi kopi itu kurang baik  bagi wanita. Kenapa demikian?

Disarikan dari manfaat.co.id, Berikut ini bahaya kopi bagi wanita:

Kopi dapat menimbulkan efek kecanduan. Bagi wanita, konsumsi kopi secara berlebihan juga dapat menimbulkan kerusakan dan menimbulkan gangguan kesehatan. Konsumsi kopi yang terlalu banyak dapat mengurangi kesuburan bagi wanita dan apabila dilanjutkan dapat menjadikan wanita mandul. Selain itu, kopi juga dapat menimbulkan gangguan lain seperti insomnia, gugup tremir, mual, jantung berdebar dan rasa kegelisahan.

Namun, dibalik itu semua, tentu saja kopi diciptakan dengan berbagai manfaat, termasuk bagi wanita. Berikut ini manfaat kopi bagi wanita:

  1. Menghindari stres dan rasa depresi. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan meminum kopi dapat mengurangi depresi yang dialami oleh wanita. Selain itu, aroma pada kopi juga dapat berfungsi untuk memicu aktivitas gen dan melindungi sel-sel saraf. Dengan fungsi aroma kopi inilah, rasa stress yang dialami oleh wanita dapat dihindari. wanita akan terhindar dari stress dan juga mengurangi risiko bunuh diri.
  2. Menjaga kesehatan hati. Kafein yang terkandung di dalam kopi apabila dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit autoimun langka atau yang biasa disebut Primary Sclerosing Cholangitis (PSC) yang dapat mengakibatkan gagal hati, sirosis hati dan kanker hati.
  3. Membantu menurunkan berat badan. Kafein dalam kopi dapat dapat menekan nafsu makan. Bahkan beberapa pengobatan untuk menurunkan berat badan menggunakan kafein. Ada penelitian yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin dapat membakar lemak sebesar 10% bagi orang yang mengalami obesitas dan membakar 29% lemak pada orang kurus. Namun fungsi kafein untuk mengurangi berat badan juga harus didampingi oleh dokter agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.
  4. Menangkal kanker kulit. Meskipun dipercaya tidak baik untuk kesehatan wanita, namun kopi juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wanita. Salah satunya dengan menjaga kulit agar tidak terkena kanker kulit.
  5. Menurunkan risiko alzheimer dan risiko Parkinson. Konsumsi kopi secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko terserang penyakit Alzheimer pada orang berusia lanjut. selain penyakit Alzheimer, kafein pada kopi juga dapat menurunkan penyakit Parkinson dengan taraf penurunan sekitar 32-60%. Karena belum adanya obat obatan medis yang dapat menyembuhkan penyakit ini, maka lebih difokuskan pada pencegahan penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi kopi.
  6. Mengatasi risiko diabetes tipe II. Kopi juga mengandung kromium dan magnesium. Kromium dan magnesium yang terkandung di dalam kopi dapat menekan risiko diabetes tipe II. Efek penuruna yang ditimbulkan oleh kopi dalam menekan penyakit diabetes tipe II ini sekitar 20% .
  7. Sebagai sumber Antioksidan. Kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Antioksidan yang terkandung dakan kopi dapat bekerja sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Untuk mendapatkan manfaat dan terhindar dari bahaya kopi, wanita disarankan mengkonsumsinya sesuai takaran normal yaitu sekitar 1-3 cangkir setiap harinya.[]

(Visited 19 times, 1 visits today)
loading...
loading...