Gas Air Mata, Ini Tips untuk Menghadapinya

gas-air-mataINSPIRADATA. Alat ini sangat lazim digunakan oleh kepolisian dalam melawan kerusuhan dan dalam penangkapan, salah satunya adalah gas air mata. Gas jenis ini pertama kali digunakan pada 1915. Gas air mata adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gas kimia yang digunakan untuk melumpuhkan dengan menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan. . Istilah latinnya dikenal dengan nama lachrymator yang berarti air mata. Zat ini dapat menyebabkan mata perih, sehingga mengeluarkan air mata. Biasanya gas air mata bisa disimpan dalam bentuk semprotan maupun granat.

Dalam aksi demonstrasi gas air mata sering digunkan untuk meredam aksi para demonstran. Seringkali saat akan terkena gas air mata, demonstran diminta untuk mengusapkan odol di sekitar area mata. Maksud sebenarnya dari pemberian odol sebelum terkena gas air mata adalah agar mata jadi terbiasa dulu dan tidak kaget lagi seandainya di tengah demo terjadi chaos dan bertebaran gas-gas airmata.

Berikut ini tips yang bisa diterapkan untuk menghadapi gas air mata:

  1. Jika terkena gas air mata, mata pun menjadi perih, namun bila sebelumnya sudah diberikan odol maka ketika mata terkena gas air mata tidak akan terlalu perih.
  2. Sebenarnya cara paling jitu untuk mengatasi efek gas air mata adalah dengan menghindarinya. Jika tahu akan terkena serangan gas air mata, sebaiknya Anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar akibat dahsyatnya paling tidak bisa dikurangi.
  3. Membasahi handuk dengan air bersih, lalu menempelkannya di mata yang terkena gas air mata bisa meringankan efek perih gas air mata. Yang perlu diingat, jangan pernah menggosok-gosokkan handuk tadi ke daerah mata, tetapi cukup ditempelkan saja.
  4. juga dianjurkan mengenakan pakaian yang tertutup untuk mengurangi kemungkinan kulit bersentuhan secara langsung dengan butiran kristal gas air mata. Bila perlu bisa memakai sarung tangan dan cadar, agar lebih aman lagi.
  5. Atau, dapat pula mengenakan peralatan perlindungan ‘Teargas Mask’ yang didesain dengan penya ring udara sehingga Anda bisa bernapas lebih leluasa meski ada ‘serangan’ gas air mata.[]

Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *