buah lancarkan pencernaan
Foto: Dreamstime.com

3 Buah dan Kulitnya Ini Ampuh Lancarkan Pencernaan

Buang air besar (BAB) merupakan satu masalah pencernaan yang sering dialami banyak orang. Penyebabnya cukup banyak, yakni karena pola makan yang buruk atau bahkan kurang mengonsumsi makanan berserat.

Mengonsumsi buah yang kaya akan serat bisa jadi solusi alami atasi gangguan pencernaan tersebut. Seperti halnya buah apel, lemon dan pepaya. Tapi jangan lupa konsumsi juga kulitnya, karena kulit buah tersebut punya banyak manfaat lain. Mau tahu apa saja? Berikut pemaparan selengkapnya, seperti dikutip Boldsky.

Kulit apel

Makan apel bersama kulitnya dapat menyembuhkan sembelit, pasalnya kulit apel mengandung banyak serat. Tak hanya itu, apel yang dimakan bersama kulitnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker.

Kulit lemon

Hampir sama seperti kulit jeruk. Kulit lemon juga kaya akan vitamin C, namun kulit lemon punya sifat antiseptik. Perasan kulit lemon dicampur dengan sari lemon dapat mengobati infeksi mulut dan memperbaiki sistem pencernaan.

Kulit pepaya

Pepaya sudah dikenal sebagai buah alami pelancar BAB. Namun perlu diketahui, ternyata kulit pepaya juga bisa dikonsumsi dan dapat berfungsi untuk membersihkan usus, membuang racun di dalam tubuh dan memperkuat sistem imun.

Untuk menikmatinya, pastikan kulit pepaya sudah dicuci bersih dan lebih cocok dijadikan minuman jus.


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *