cara tingkatkan kecerdasan emosi
Foto: pixabay

3 Cara Jitu Tingkatkan Kecerdasan Emosi

Selain kecerdasan intelektual, manusia juga sangat perlu mempunyai kecerdasan secara emosi. Hal ini berpengaruh pada setiap keputusan yang akan diambil dalam kehidupan sehari-hari. Jika kecerdasan emosinya baik, maka semua keputusannya kemungkinan besar berakhir baik.

Kecerdasan emosi tidak bisa terbentuk begitu saja. Perlu dilatih secara terus-menerus dan dalam proses waktu yang lama. Ada tiga hal penting agar kecerdasan emosi bisa terbentuk sehingga bisa menjadi manusia yang berkarakter dan berakhlak baik.

Introspeksi diri
Jika kita merasa orang lain mempunyai salah kepada kita, sebaiknya hal pertama yang dilakukan adalah introspeksi diri. Sikap ini akan memberikan dampak baik bagi kecerdasan emosi karena kita akan senantiasa memperbaiki diri. Selalu melihat kurang pada diri sendiri daripada melihat kesalahan orang lain.

Jangan marah
Marah adalah reaksi spontan ketika kita kesal kepada sesuatu atau kepada orang lain. Selain berguna meningkatkan kecerdasan emosi, menahan amarah juga sangat baik bagi kesehatan jasmani. Orang yang sering marah cenderung mempunyai penyakit berat. Seperti darah tinggi dan stroke.

Berpikiran positif
Tiada yang lebih menenangkan selain selalu berpikir positif. Kesusahan apapun yang terjadi di hidup kita, jika disikapi dengan pikiran positif, niscaya hidup selalu ikhlas dalam setiap cobaan. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *