Unik, Informatif , Inspiratif

3 Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Mie Instan

0

Siapa yang tidak mengenal Mie Instan. Makanan yang terkenal di seluruh dunia khususnya di wilayah Asia ini hadir dengan berbagai merk juga rasa dan membuat penggemar makanan ini tidak sedikit.

Sebenarnya sudah banyak yang paham bahwa Mie Instan adalah makanan yang memiliki bahaya dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Namun efek mengenyangkan juga harga yang murah menjadi alasan utama mengapa makanan yang mengancam kesehatan ini tetap laku terjual habis.

Untuk menambah wawasan Anda, inilah tiga macam bahaya makan mie instan.

1. Makan mie instan terlalu sering dapat memperberat kinerja usus

Dr. Braden Kuo yang merupakan seorang dokter dari Rumah Sakit Umum Massachusetts milik Universitas Harvard, Amerika Serikat, melakukan penelitian tentang bagaimana mie instan dicerna di dalam perut. Ia menggunakan sebuah kamera kecil yang dimasukkan ke dalam organ pencernaan untuk melihat kinerja usus dalam mencerna mie instan. Hasilnya sungguh mencengangkan, mie yang masuk ke dalam perut sangat sulit dicerna karena banyaknya kandungan bahan pengawet.

Bahan pengawet yang bernama TBHQ ini tidak hanya ditemukan dalam mie instan, tapi juga di makanan olahan lainya. Pengawet ini yang akan mengendap di perut dalam jangka waktu yang cukup lama karena cukup sulit untuk dicerna tubuh.

2. Cewek lebih berisiko terkena dampak dari konsumsi mie instan secara berlebihan, lho!

Sebuah Penelitian yang dilakukan oleh negara Korea Selatan dan dimuat dalam Journal of Nutrition, mengungkapkan bahwa konsumsi mie instan setidaknya dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan risiko cewek terserang sindroma metabolik 68 persen lebih besar daripada cowok.

3. Dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, darah tinggi, kolesterol, dan obesitas

Orang yang menderita sindroma metabolik memiliki risiko terserang penyakit tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol, penyakit jantung, dan diabetes. Kandungan yang terdapat dalam mie instan juga membuat beberapa penyakit paling mematikan di dunia ini mengintai di dalam tubuh pengonsumsinya.

Sebenarnya sah-sah saja jika kita mengonsumsi mie instan. Hal yang membuat mie instan jadi berbahaya bagi tubuh adalah jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika dimakan setiap hari. Wah, bisa-bisa ususnya jebol karena harus kerja terlalu keras mencerna mie tersebut. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline