efek, 3 Efek Buruk Berlebihan Konsumsi Vitamin C
Unik, Informatif , Inspiratif

3 Efek Buruk Berlebihan Konsumsi Vitamin C

0

VITAMIC C merupakan nutrisi penting bagi tubuh yang biasanya ditemukan dalam buah dan sayuran. Vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Selain itu, vitamin C juga memainkan peran penting dalam penyembuhan luka, menjaga tulang tetap kuat, dan meningkatkan fungsi otak.

BACA JUGA: Kaya Vitamin, Ini 8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Karena itu, vitamin C adalah suplemen yang dicari, terutama di musim pancaroba atau ketika sejumlah penyakit menjadi epidemi. Menurut jurnal The Cochrane Database of Systematic Reviews, vitamin C terbukti mampu mencegah masuk angin.

Meski demikian, asupan vitamin C yang berlebihan justru dapat menyebabkan sejumlah efek samping bagi tubuh dalam bentuk masalah kesehatan seperti berikut ini:

1. Ketidakseimbangan nutrisi

Masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh asupan vitamin C yang berlebihan adalah kerusakan kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Sebagai contoh, vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B-12 dan tembaga dalam tubuh.

BACA JUGA: Vitamin K Pun Dibutuhkan Tubuh Kita

2. Gangguan Pencernaan

Efek samping paling umum dari kelebihan asupan vitamin C adalah gangguan pencernaan. Tetapi secara umum, efek samping ini tidak terjadi karena makan makanan yang mengandung vitamin C, tetapi karena mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen.

3. Batu Ginjal

Dilansir dari Medical News Today, dokter percaya bahwa terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menyebabkan seseorang melepaskan senyawa oksalat dan asam urat dalam urin. Senyawa ini bisa memicu pembentukan batu ginjal. []

SUMBER: VIVA

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.