Unik, Informatif , Inspiratif

3 Gempa yang Berdampak Sepanjang Februari 2019 Menurut BMKG

0

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengatakan, sebanyak 3 gempa yang terjadi di bulan Februari yang cukup berdampak. Bahkan di sejumlah daerah di Indonesia yang memakan korban.

“Februari ini sudah tiga gempa yang merusak yaitu, Morotai, Solok, Mentawai,” jelas Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

BACA JUGA: Banten Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo

Menurut perinciannya, pada 2 Februari 2019, telah terjadi gempa dengan kekuatan 6 skala richter di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Akibatnya  1 Pukesmas di Sikakap mengalami kerusakan ringan, dan beberapa rumah mengalami rusak ringan.

Selanjutnya, pada 7 Februari 2019, gempa bumi 5,3 skala richter mengguncang wilayah Morotai, Maluku Utara. Hingga menyebabkan beberapa rumah mengalami kerusakan di Desa Bere-Bere, Kecamatan Morotai Utara, Maluku Utara. 

BACA JUGA: Tersebar Hoax Terkait Gempa, Ini Kata BMKG

Tidak sampai disana, gempa bumi 5,6 skala richter mengguncang wilayah Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, pada hari ini, 28 Februari 2019. Dampaknya, 11 orang yang mengalami luka ringan dan 101 rumah yang rusak.

“Ketiganya merusak, tapi tidak terlalu besar,” paparnya.

Namun, berdasarkan catatan BMKG, gempa yang terjadi di Indonesia selama satu bulan itu jumlahnya mencapai ratusan lebih dan itu tidak memakan korban jiwa dan kerusakan.

“Banyak sekali lebih dari 100. Ada yang enggak dirasakan, banyak,” pungkasnya. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.