cara hindari rasa cemburu
Foto: Post Share Indonesia

3 Hal Penting Ini Harus Disiapan Sebelum Menikah

Anda sudah memutuskan untuk segera menikah? Namun, masih bingung apa saja sebenarnya yang harus disiapkan dalam pernikahan kelak? Ditengah maraknya trend nikah muda saat ini. Banyak di antara para calon pengantin yang masih bimbang dan bingung apa saja sebenarnya yang harus disiapkan sebelum pernikahan. Nah, berikut tiga hal yang harus Anda siapkan ketika hendak menikah.

Pertama adalah ilmu. Ya, menikah bukan hanya sebatas menghabiskan waktu berduaan dengan pasangan kita. lebih dari itu menikah adalah proses ibadah yang panjang dimana akan banyak lika-liku dalam kehidupan berumah tangga kelak. Karenanya, ilmu menjadi hal utama dalam menyambut pernikahan. Setiap pasangan baik suami maupun istri harus memahami tugas dan fungsinya masing-masing. Bagi yang sudah siap untuk menikah, pelajari dari sekarang ilmu-ilmu seputar pernikahan.

Kedua adalah harta (modal). Menikah tidak harus mewah, namun tentu ada saja modal yang harus dikeluarkan. Sebut saja biaya ipekah ke KUA, mahar, dan untuk walimah. Tentu semua itu membutuhkan biaya. Menabunglah dari sekarang, siapkan yang terbaik untuk pernikahan Anda kelak. Tapi ingat tidak harus mewah dan megah. Rasulullah pun mengajarkan kepada kita untuk melaksanakan pesta pernikahan (walimah) meski hanya dengan menyembelih seekor kambing.

Ketiga, tentunya apalagi kalau bukan calon pasangan. Rasulullah saw bersabda, “Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” (HR. Bukhari, Muslim,Al-Nasa’I, Abu Dawud ibn Majah, Ahmad ibn Hanbal dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra). Hal ini berlaku juga bagi perempuan yang hendak mencari suami. Carilah pasangan-pasangan yang mempunyai pemahaman agama yang baik. Niscaya Anda akan beruntung. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *