Foto: Hollywood Reporter

3 Juta Orang AS Dukung Pemakzulan Trump

Upaya pemakzulan terhadap presiden AS Donald Trump, dimulai sejak Partai Demokrat menguasai House of Representatives. Upaya pemakzulan ini didukung oleh lebih dari  tiga juta orang.

Juru bicara kampanye gerakan pemakzulan, Erik Olvera, pada Jumat (28/12) lalu mengkonfirmasi Newsweek Jumlah orang yang mendukung kampanye Need to Impeach selama 12 bulan terakhir.

Kampanye tersebut bertujuan untuk mendorong Kongres agar memulai proses pemakzulan Trump dari jabatannya.

BACA JUGA: Trump Ucapkan Bela Sungkawa kepada Korban Tsunami Selat Sunda

Olvera menjelaskan bahwa pihaknya telah menghabiskan waktu di tahun lalu untuk menggalang suara dukungan untuk memastikan para pemimpin terpilih kami mendengar pesan ini dengan keras dan jelas.

“Dan dengan Demokrat mengendalikan House mulai minggu depan, kami tidak akan menyerah pada upaya kami,” Olvera menambahkan.

Hingga saat ini kampanye telah mendapatkan lebih dari 6,5 juta tanda tangan. Dukungan bertambah setelah rincian baru muncul terkait penyelidikan Penasihat Khusus Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dan kemungkinan kolusinya dengan tim kampanye Trump dalam pemilihan presiden 2016.

Tambahan dukungan ini telah membuat mendapatkan lonjakan dukungan yang signifikan, kira-kira lima kali lipat.

Kampanye pemakzulan Trump, diluncurkan oleh mega donor dari Partai Demokrat, Tom Steyer, pada Oktober 2017.

Olvera mengatakan bahwa pihaknya mengetahui ada permintaan meluas untuk pemakzulan Donald Trump dan permintaan itu bertambah setiap kali ada laporan baru tentang korupsi

Ditambahkan pula oleh Olvera bahwa rakyat di seluruh AS marah terhadap pelanggaran hukum yang dilakukan Trump dan ingin Kongres meminta pertanggungjawabannya. “Kami memiliki penjahat di Gedung Putih yang melakukan kejahatan untuk naik ke tampuk kekuasaan dan yang sekarang mengikis demokrasi kami dari dalam Oval Office,” kata Olvera.

“Pertanyaan sederhananya adalah apakah anggota Kongres akan mendengarkan para pemilih dan memiliki keberanian untuk memakzulkan presiden?” ujar Olvera.

Menurut Olvera bnyaknya dukungan terhadap kampanye pemakzulan Trump menunjukkan besarnya permintaan nasional. Sedikitnya 80 persen dari Partai Demokrat juga menginginkan Kongres untuk memakzulkan Trump.

Need to Impeach telah mengadakan sosialisasi hampir di 40 aula kota di seluruh AS. Kampanye itu mengklaim telah mempengaruhi 36 dari 43 distrik kongres yang ditargetkan dalam pemilihan jangka menengah pada November lalu, dengan tingkat keberhasilan 84 persen.

BACA JUGA: Trump: Rakyat akan Berontak, jika Dilakukan Pemakzulan

Kampanye ini memobilisasi para pendukungnya untuk fokus pada hampir 638 ribu pemilih di 43 distrik, yang engan berpartisipasi dalam pemilihan jangka menengah. Sekitar 78.650 pendukung kampanye telah menulis 1.645.895 kartu catatan untuk orang-orang itu.

Dana yang dihabiskan Steyer untuk kampanye ini mencapai lebih dari 120 juta dolar AS untuk pemilihan jangka menengah itu, termasuk 10 juta dolar AS untuk mengubah gerakan Need to Impeachmenjadi blok suara yang kuat.

Sejauh ini para pemimpin Partai sejauh ini masih berhati-hati dalam langkah menghasut untuk memakzulkan presiden dari jabatannya. Partai itu mungkin dapat memakzulkan Trump di House, tetapi mereka masih akan memerlukan dukungan yang signifikan dari Partai Republik untuk mencapai suara mayoritas. Kehati-hatian ini tetap dilakakukan sekalipun Partai Demokrat akan mengambil alih House pekan depan dan mendapat kesempatan untuk memberikan suara guna memakzulkan Trump.[]

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

About Kesit Susilowati

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *