otot kaki
Foto: Kini Sehat

3 Penyebab Otot Kaki Sering Kram

Jika saat olahraga kita merasakan kram kaki, biasanya ini disebabkan karena kurangnya kita melakukan pemanasaan saat berolahraga, terlalu lama berdiri, ataupun dehidrasi.

Namun, menurut seorang Profesor Obat Fisik University of Michigan Medical School, Mark D. Peterson, Ph.D ternyata ada alasan lain mengapa kaki sering kram tiba-tiba.

1.Hamil
Kita mungkin belum tahu jika hamil ternyata berisiko kram pada kaki seorang wanita hamil, terutama saat hamil di usia trimester kedua dan ketiga.

Mengapa begitu? Hal ini karena kurangnya magnesium dan kalium di dalam tubuh. Maka dari itu, saat wanita sedang hamil harus lebih banyak minum agar tidak dehidrasi dan konsumsi makanan yang tinggi akan magnesium dan kalium.

2. Pengobatan
Jika kita sedang dalam tahap pengobatan tertentu, seperti misalnya obat menurun tekanan darah, terkadang kram terjadi karena otot kehilangan cairan dan garam.

Pengobatan lain yang sering menimbulkan kram adalah obat-obatan untuk osteoporosis, anemia, asma, dan obat-obatan menambah estrogen untuk wanita menopause.

3. Diabetes
Tingginya kadar gula darah bisa menyebabkan kerusakan saraf pada kaki, lengan, dan tangan karena kondisi neuropati perifer diabetes. Kondisi ini menyebabkan otot terasa mati rasa, kebas, kram, atau tergelitik. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *