Unik, Informatif , Inspiratif

3 Tokoh Muslimah Hebat dalam Sejarah Agama Islam

0

Dalam peradaban Islam, kiprah dan peran Muslimah memang tak dapat dipisahkan. Mereka juga telah mendukung perkembangan ajaran agama Islam sehingga bisa menyebar di berbagai penjuru dunia. Banyak tokoh Muslimah hebat yang menorehkan tinta emas dalam sejarah peradaban Islam. Tanpa adanya campur tangan dan dukungan seorang Muslimah, tentunya perjuangan penyebaran Islam akan lebih sulit.

Seperti tiga Muslimah hebat yang tercatat dalam sejarah Islam ini. Dengan kecerdasan dan kelebihan yang mereka miliki, tiga tokoh muslimah hebat ini membantu penyebaran agama Islam sehingga bisa sampai ke penjuru dunia. Berikut penjelasannya yang dikutip arbamediacom.

1. Aisyah R.A

Aisyah R.A, yang merupakan istri Rasulullah SAW, beliau mendapat julukan sebagai “Ummul mukminin”, yakni ibunya orang-orang Mukmin. Aisyah merupakan sosok wanita yang cerdas. Hal ini membuatnya dijuluki dengan sebutan “Alhumaira”. Beliau merupakan putri dari sahabat Nabi, Abu Bakar as-Shiddiq. Salah satu kontribusi Aisyah dalam penyebaran ajaran Islam adalah dengan berhasil meriwayatkan sabda Rasulullah hingga kurang lebih 2.210 hadits. Aisyah wafat pada tahun 57 Hijriyah, dan dimakamkan di kompleks pemakaman Baqi’ yang berada di Madinah.

Related Posts
1

5 Muslimah Cantik di Negara Minoritas Islam

2. Rabi’ah Al-Adawiyah

Rabi’ah Al-Adawiyah memiliki nama lengkap Rabi’ah binti Ismail al- Adawiyah. Ia merupakan tokoh sufi perempuan sufi yang terkenal dengan sifat “Zuhud” nya. Sehingga ia mendapat sebutan sebagai “ The mother of the grand master “, yakni ibunya para sufi besar. Beliau lahir di Bashrah, Irak. Sementara itu, beliau juga sebagai inspirasi di dunia tasawuf, baik itu kalangan Islam sendiri maupun barat. Makam yang terletak di Bukit Thur, Yerussalem, diklaim sebagai makam beliau. Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa makan beliau berada di Bashrah, yakni tempat kelahirannya.

3. Siti Zubaidah

Nama asli dari Siti Zubaidah, yakni Zubaidah binti ja’far bin Abi ja’far al-Manshur. Beliau merupakan permaisuri dari khalifah Abbasiyah. Zubaidah juga dikenal sebagai sosok wanita yang dermawan dan memiliki inisiatif sosial yang telah diabadikan, yakni terusan air yang kerap dikenal dengan sebutan ”Mata Air Zubaidah”. Terusan air tersebut sangat bermanfaat bagi para jamaah haji. Wafat di Baghdad pada 212 H, Zubaidah dimakamkan di kompleks pemakaman al-kazhimiyah. Akan tetapi Makam tersebut kurang terawat dan nyaris rusak.

Tentunya masih banyak tokoh-tokoh Muslimah yang berjasa terhadap penyebaran agama Islam. Mereka semua patut dijadikan contoh dan juga sebagai panutan dalam kehidupan kita. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline