Masjid Ini Dirancang oleh Seorang Wanita

masjid-sakirinINSPIRADATA. Ada sebuah masjid indah Di Turki yang bernama Masjid Sakirin. Masjid ini diklaim sebagai yang paling modern di antara masjid-masjid lain di Istanbul. Meski demikian, gayanya masih mengadopsi unsure-unsur Ottoman tempo dulu.

Masjid Sakirin dibangun selama 4 tahun. Masjid ini memiliki luas 10 ribu meter persegi. Namun hanya mampu menampung 500 jamaah.

Masjid ini dibangun dengan gaya Ottoman. Kubah berukuran sangat besar yang mencakup area utama salat menjadi ciri khas gaya itu. Dua menara berdiri masing-masing tegak setinggi 35 meter.

Masjid Sakirin memiliki mihrab yang unik. Bentuknya oval, pada bagian bawah terpotong lantai. Di tengah-tengah berwarna emas, sedangkan di lapisan luar biru.

Yang tak kalah unik adalah mimbar. Tempat yang biasa dipakai berceramah itu dibuat bertangga. Setidaknya ada 12 anak tangga. Bagian belakang mimbar berwarna kuning gading itu dibuat menjulang.

Dinding masdjid dibuat penuh ukiran. Sehingga banyak celah yang memungkinkan cahaya menerobos masuk. Kala siang, ruang utama pun terang tanpa bantuan lampu.

Seperti masjid pada umumnya, dinding pada Masjid Sakirin ini juga dihiasi dengan ornament-ornamen dari ayat-ayat Alqur’an.

Di bawah kubah, tergantung hiasan kaca. Butiran-butiran bening terpasang melingkar di atas ruang utama. Indah, kadang-kadang kaca-kaca bening itu terlihat berkilau.

Namun ini bukan hanya sekedar hiasan indah tanpa makna. Menurut arsiteknya, hiasan ini sebagai symbol cahaya Ilahi yang selalu memancar untuk para jamaah.

Dia mendesain agak luas ruang khusus untuk jamaah wanita . Sehingga para wanita bisa leluasa. Tak lagi ditempatkan di sudut ruangan maupun di bawah tangga.

Sisi yang paling menarik dari arsitektur masjid ini sebenarnya bukan hanya terletak pada desain ataupun interiornya, melainkan arsiteknya. Masjid Sakirin ini ternyata dibidani oleh seorang arsitek wanita. Maka, desainnya pun sangat indah dan istimewa.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *