Unik, Informatif , Inspiratif

Menangis, 4 Manfaatnya bagi Kesehatan

0 244

manfaat-menangisINSPIRADATA. Semua orang baik aki-laki maupun perempuan, entah dengan alasan apapun itu, pasti pernah menangis. Itu hal yang manusiawi. Pada kenyataannya semua sistem yang teratur di tubuh kita berkerja tanpa sia-sia, termasuk ketika kita menangis. Jadi, menangis juga bermanfaat.

Berikut ini manfaat menangis bagi kesehatan fisik dan psikologis kita:

  1. Menangis membuat hati tenang. Menangis mampu menjadi salah satu cara untuk meluapkan emosi tanpa menyakiti siapa pun. Usai menangis, perasaan akan menjadi lega dan tenang, serta lebih stabil.
  2. Menangis membuat hidung menjadi sehat (untuk kesembuhan sinusitis). Menangis pun memiliki manfaat bagi pernapasan. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah sinusitis, yaitu radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung akan terganggu karena proses pengaturan kelembapan hidung tidak berjalan normal. Menangis dapat berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis tersebut.
  3. Menangis menyehatkan mata. Indera penglihatan pun juga terkena efek positif akibat menangis. Air mata mampu menjadi anti bakteri alami bagi mata. Bakteri terbunuh karena kandungan cairan lisozom yang terdapat pada air mata. Kelembaban mata pun akan meningkat sehingga mengurangi risiko pandangan yang mudah kabur. Jadi, menangis berguna dalam meningkatkan kemampuan visual seseorang.
  4. Menangis membuang racun di dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Minnesota menunjukkan bahwa menangis berguna dalam membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Kandungan bahan kimia berbahaya dalam air mata yang tidak dikeluarkan akan menimbulkan stres. Selain itu, Dr Abigael San, seorang psikolog klinis menyatakan bahwa menangis juga bermanfaat dalam mengurangi ketidakseimbangan bahan kimia dalam tubuh. Dalam keadaan seperti itu, otak akan mengirimkan perintah pada saraf untuk segera mengekskresikan zat kimia dalam tubuh sekaligus memberikan efek menenangkan.[]
Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline