Unik, Informatif , Inspiratif

4 ‘Bahan Ajaib’ Penghilang Karatan pada Velg 

0

TANPA velg mustahil kendaraan bermotor Anda bisa melaju. Karena itu velg termasuk komponen yang sangat penting. Pada sepeda motor, ada dua jenis velg yang kita kenal saat ini yakni velg jari-jari dan velg racing. Kedua jenis velg ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

Namun bagi Anda yang hobi adventure atau sering melibas jalanan berbatu, velg jari-jari adalah yang paling recomended. Sayangnya, jenis velg ini cukup ribet dalam perawatannya, apalagi setelah motor Anda melibas jalanan jeblok atau berlumpur. Nah, agar velg motor kesayangan Anda bebas karat dan berumur panjang, cobalah beberapa bahan berikut ini:

1 Menggunakan Tanah Liat

Menggunakan Tanah Liat
Foto: Detik

Bahan pertama yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada velg motor adalah tanah liat. Tanah liat memiliki tekstur yang sangat lembek serta mampu menyerap kotoran. Selain velg, jeruji besi juga dapat dihilangkan karatnya dengan bahan ini.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggosok bagian yang berkarat dengan tanah liat ini tentunya dengan bantuan lap bersih. Setelah itu basuhlah velg motor dengan air bersih agar kotoran tidak menempel lagi.

2 Gunakan air soda

Gunakan air soda
Foto: Kumparan

Air soda memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi dapat membersihkan kotoran karat. Caranya tinggal menggosokan air soda pada bagian yang berkarat.

Pada proses penggosokan ini bisa dibantu dengan menggunakan kain lap bersih dan halus dilakukan berulang-ulang. Setelah penggunaan air soda ini, kemudian basuhlah bagian yang digosok dengan air soda ini hingga bersih dan bila perlu gunakanlah sabun. Dan untuk menghasilkan hasil yang maksimal cobalah rendam air beberapa saat dengan air soda sebelum menggosokannya.

3 Menggunakan Produk Anti Karat

Menggunakan Produk Anti Karat
Foto: KlikMJM

Cara menghilangkan karat pada velg motor dengan cepat yang lainnya adalah dengan cara menggunana produk anti karat. Cairan anti karat ini memang dijual bebas di pasaran dan harganya pun cukup terjangkau.

Namun jangan salah pilih, sebaiknya Anda pilih bahan anti karat berkualitas baik. Biasanya untuk satu botol cairan anti karat ini harganya cukup mahal namun kualitas dari cairan ini sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan karat pada velg motor anda.

4 Menggunakan Batu Hijau

Menggunakan Batu Hijau
Foto: Tokopedia

Batu hijau atau lebih dikenal dengan ‘watu ijo’ merupakan salah satu cara menghilangkan karat pada velg motor dengan cepat. Warun ini merupakan jenis berbatuan lunak yang dapat digunakan sebagai penghilang karat pada besi. Dan dalam penggunaaan watu ijo ini irislah kecil-kecil seperti mengiris gula jawa dan dicampur dengan braso.

Kemudian gosokan campuran tersebut pada bagian velg yang berkarat dengan bantuan lap bersih dan bisa juga menggunakan koran bekas. Minyak braso disini digunakan sebagai perantara agar proses penggosokan menjadi lebih mudah dan cepat.

Sekadar nformasi, jika ingin menghilangkan karat pada velg motor dengan cairan anti karat sebaiknya pilihlah cairan anti karat dengan merek yang tepat dan harga yang mahal. Pasalnya jika Anda salah pilih pastinya akan merusak lapisan besi pada velg motor Anda dan bisa-bisa karat yang hilang akan kembali lagi dengan jumlah yang lebih banyak. []

SUMBER: OTOMANIAC


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline