Foto: Gadgets to Use

Ini 4 Efek Negatif Berlama-lama dengan Gadgets dan Solusinya

Berlama-lama dengan Smartphone rasanya biasa saja, jika kerjaan sudah beres, waktu istirahat, dan memang tugas kita harus berlama-lama dengan ponsel. 

Hanya segelintir orang yang sangat memerhatikan dampak berlama-lama dengan ponsel dan mencari solusinya dengan cerdas. Di samping memang ada banyak yang memberikan dan menawarkan solusi-solusinya.

BACA JUGA: Kecanduan Gadget, Ini Akibatnya

berikut empat macam dampak negatif yang dirasakan jika berlama-lama dengan ponsel khususnya jika kelamaan melihat ponsel dan sedikit solusinya:

1. Mata Tegang

Mungkin ini bahaya yang paling banyak dikenal orang setelah Anda memegang smartphone terlalu lama. Dikutip dari CuriousMob, The Vision Council’s 2005 Digital Eye Strain Report menjelaskan bahwa 37% dari para milenial (anak zaman sekarang) menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka.

7 dari 10 orang, melaporkan bahwa mereka mengalami ketegangan mata seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan, serta rabun dekat.

Solusi yang tepat untuk mencegah kerusakan mata ialah membatasi penggunaan smartphone, menghindari penggunaan ponsel di tempat tidur, tidak menggunakan ponsel untuk sesuatu yang memakan waktu lama yang biasanya dilakukan melalui PC, dan rebahkanlah leher kamu beberapa kali dalam sehari. Simpel-kan?

2. Bantalan Tulang Bergeser

Kenneth Hansraj, M.D., Chief of Spine Surgery di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine Menjelaskan bahwa ketika Anda menunduk, tepatnya pada sudut 60 derajat untuk melihat smartphone, itu sama saja dengan memberatkan kepala kamu kali lipat.

Sebab, itu dikarenakan meningkatnya tekanan pada leher kamu. Hal ini merupakan hasil sebuah penelitian yang dilakukan dari  Bantalan tulang bergeser diakibatkan saat salah satu cakram yang duduk antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf.

Pastinya hal itu sangatlah sakit. Untungnya, ada cara sederhana untuk mencegah hal tersebut. Kamu hanya perlu memperbaiki postur tubuh. Kamu harus selalu bekerja dengan kepala yang tegak, telinga berada diatas bahu, dan dada menjulang ke depan.

Peneliti terkenal Amy Cuddy, PhD menyebutkan bahwa postur seperti itu akan merangsang produksi testosteron yang akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri, bahkan meski dalam situasi yang merugikan.

Tetapi, kamu juga jangan bandel. Kamu tidak diperbolehkan memegang ponsel selama itu. Jika memang harus menggenggam ponsel, gunakan smartphone dengan cara memegangnya lurus ke depan, tanpa membuat leher menunduk.

3. Penuaan Dini

Seorang dokter kulit di Beverly Hills, Stuart H. Kaplan, M.D., mengklaim bahwa banyak pasien yang memiliki umur muda, kini meminta pengobatan botox untuk mengatasi kerutan dini yang dihasilkan akibat melihat ponsel terlalu lama.

Dia mengatakan bahwa hal ini terjadi karena kulit kusut dan terjadi secara berulang-ulang, akibat Anda sering menekuk leher untuk memeriksa notifikasi atau membalas pesan pada sebuah ponsel. Ini mungkin terdengar biasa saja, tetapi dengan seiringnya waktu kamu sering melakukan itu, menjadi hal yang menakutkan bukan?

Untuk menghindari terjadinya efek negatif ini, kamu hanya perlu berhenti menghabiskan waktu sepanjang hari untuk melihat ponsel, dan biarkan leher rileks.

Melakukan Yoga juga bisa membantu kamu loh. Yoga akan menolong kamu memanjangkan leher dan otot-otot pada bahu, memperkuat punggung atas dan belakang leher. Selain itu, Yoga juga akan membantu kelancaran pada lipatan kulit yang berlebihan, meski tidak seutuhnya kembali.

4. Rasa Kesepian

Apa yang Anda lakukan ketika sedang menunggu sendiri atau tengah mengantri panjang?

BACA JUGA: Kecanduan Gadget, Ini Akibatnya

Saat ini, kebanyakan orang pasti akan memainkan ponselnya. Anda mungkin tidak akan menyadari hal ini, tetapi kebiasaan ini benar-benar akan membuat Anda menjadi canggung terhadap kehidupan sosial, dan memangkas kemampuan Anda untuk berinteraksi terhadap orang lain.

Hindari hal ini sekarang juga. Tinggalkan ponsel kamu beberapa waktu dan berkomunikasilah dengan orang sekitarmu. Komunikasi verbal merupakan cara terbaik untuk lebih mengenal satu sama lain dan bersosialisasi dengan orang-orang. Jangan mencoba untuk menggantinya dengan percakapan via digital. []

SUMBER: JALAN TIKUS


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *