penyebab fobia
Foto: Chatsworth Consulting Group

4 Fobia Ini Paling Banyak Dialami Orang di Dunia

Fobia adalah rasa ketakutan terhadap sesuatu secara berlebihan. Dari berbagai jenis fobia, ada beberapa fobia yang paling banyak dialami orang-orang di dunia.

 

Ada empat macam fobia yang sering kita temui atau bahkan kita juga mengalaminya. Dikutip dari tempo.co, berikut jenis fobia yang paling banyak pengidapnya.

 

Glossophobia

 

Fobia ini adalah ketakutan saat berbicara di depan banyak orang. Orang dengan kondisi ini akan mengalami serangan panik saat harus menyampaikan sesuatu di depan publik.

 

Claustrophobia

 

Claustrophobia adalah ketakutan berlebihan pada ruang sempit. Fobia ini ternyata banyak diderita oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia. Beberapa orang menyatakan sangat ketakutan berada di ruang sempit, sedangkan yang kondisinya lebih ringan menyatakan kalau mereka mengaku cukup cemas kalau berada di situasi tersebut.

 

Fobia Ketinggian

 

Fobia ini menduduki peringkat pertama di dunia. Setidaknya 23 persen responden menyatakan kalau mereka sangat takut ketinggian. Sementara itu, ada 35 persen yang menyatakan lumayan takut dengan ketinggian.

 

Ular dan laba-laba

 

Jenis fobia terbanyak kedua adalah takut pada ular dan laba-laba atau arachnophobia. Fobia terhadap hewan-hewan berbisa ini ternyata merupakan salah satu fobia yang muncul secara alami dari lahir, bukan karena trauma atau pengalaman buruk berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *