olahraga satu jam sehari
Foto: The Cheat Sheet

4 Hal Menakjubkan yang Dirasakan Otak Jika Kita Berolahraga

Tanpa kita sadari, bukan hanya manfaat badan sehat dan bugar saja saat kita berolahraga. Namun, ada juga dampak lain yang akan kita rasakan jika kita berolahraga. Setidaknya ada empat hal menakjubkan yang dirasakan otak ketika kita berolah raga.

1. Membuat bahagia
Penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association mengungkapkan, biasanya selama 5 menit pertama melakukan olahraga adalah saat di mana mood baik akan meningkat.

2. Lebih waspada
Peneliti Judy Cameron, Ph.D., Profesor Psikiatri University of Pittsburgh School of Medicine, mengungkapkan bahwa olahraga bisa meningkatkan peredaran darah lebih baik ke otak sehingga kerja otak lebih optimal dan lebih sadar.

3. Tingkatkan ingatan
Penelitian yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior telah melakukan uji coba dan membuktikan bahwa orang yang olahraga 30 menit sebelum tes, menunjukkan ingatan lebih baik dibanding yang tak olahraga.

4. Lebih kreatif
Ketika pikiran kita buntu dan tak memiliki ide untuk berkreasi, maka olahraga bisa menjadi solusi yang tepat.

Penelitian yang diterbitkan British Journal of Sports Medicinemenemukan bahwa olahraga (bahkan untuk jangka pendek atau dilakukan sebentar) bisa meningkatkan kreativitas.

Tidak perlu berjam-jam dan tidak perlu jadi atlet untuk mendapatkan manfaat olahraga, cukup 30-1 jam saja maksimal, sebenarnya sudah bisa memberi manfaat kesehatan luar biasa pada tubuh dibanding tidak olahraga sama sekali. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *