Unik, Informatif , Inspiratif

4 Hal Mengapa Penting Pelukan Setiap Malam bagi Suami-Istri

0

Pelukan yang hanya 20 detik bukan hanya menenangkan perasaan hati yang gundah.

Selama ini berpelukan selalu dikaitkan dengan efek psikologis menenangkan seseorang. Padahal, jauh dari itu, berpelukan punya manfaat lain yang berkaitan dengan kesehatan.

Ketika berpelukan, masing-masing pasangan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini dilepaskan dari otak dan bisa membuat kondisi fisik jadi lebih baik.

Berpelukan sebenarnya tidak harus dengan pasangan, bisa juga dengan anak, saudara, dan bahkan hewan peliharaan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari berpelukan yang dikemukakan oleh psikoterapis Tina B. Tessina dan psikolog klinis Sanam Hafeez dalam dream.co.id.

Mengurangi risiko terkena serangan jantung
Studi menunjukkan bahwa oksitosin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Hafeez menjelaskan bahwa berpelukan memicu pelepasan oksitosin, yang mengurangi stres.

“Rendahnya tingkat stres, berkurangnya kecemasan, dan turunnya tekanan darah akan mengurangi ketegangan pada jantung. Sentuhan kulit juga sangat penting untuk kesehatan kita, bahkan pelukan 20 detik dapat memperbaiki perasaan hingga 24 jam,” ujar Hafeez.

Menguatkan ikatan batin
Pelukan antara ibu-anak, sepasang kekasih, atau dengan hewan peliharaan, semua itu akan memperkuat ikatan antara satu sama lain. Sekitar 6 sampai 9 minggu dalam kandungan, dari lima panca indera kita, yang pertama berkembang adalah indra sentuhan.

“Hal pertama yang kita rasakan baik di dalam rahim dan ketika kita dilahirkan adalah sentuhan. Jadi kita secara harfiah lahir untuk menyentuh satu sama lain. Tunjukkanlah kasih sayang melalui sentuhan. Hal ini akan meningkatkan ikatan antara pasangan dan menciptakan rasa keintiman yang membuat hidup jadi lebih tenang,” kata Tessina.

Meningkatkan kekebalan tubuh, penelitian telah menunjukkan bahwa kontak manusia dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi stress, oksitosin juga dapat menurunkan tingkat stres dan membantu memperbaiki cara kita bereaksi terhadap stres dalam kehidupan. Hidup penuh dengan ketegangan dan tekanan yang tidak dapat dihindari. Tapi pelukan akan membuat beban dan stres terasa lebih ringan. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.