Unik, Informatif , Inspiratif

4 Jenis ‘Susu’ Nabati yang Baik Dikonsumsi Sehari-hari

0

Meski tak miliki kelenjar susu, layaknya hewan mamalia, beberapa tanaman ternyata bisa diolah menjadi produk-produk menyerupai susu. Tentunya dengan fungsi yang juga hampir sama, yakni sebagai sumber nutrisi.

Produk-produk tersebut pun dikenal dengan ‘susu nabati’ dan beredar luas di masyarakat.

Bahkan, ‘susu’ nabati banyak digandrungi oleh orang-orang yang memiliki alergi terhadap susu hewani.

BACA JUGA: Bolehkah Minum Susu Mentah?

Alhasil, beberapa nutrisi yang tidak bisa didapat dari susu hewani, harus mereka dapatkan dari sumber lain, salah satunya ‘susu’ nabati tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis ‘susu’ yang berasal dari produk nabati yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Susu kacang

Susu kacang merupakan sebuah produk yang terbilang masih cukup baru dibandingkan dengan susu nabati yang lainnya.

Dalam memproduksi susu kacang, pabrik hanya menggunakan proses yang sederhana tanpa menambahkan bahan lainnya agar tingkat kekentalan tetap terjaga.

Dalam satu cangkir susu kacang umumnya terdiri dari 31 kacang yang diproses dan mengandung sekitar 150 kalori, 6 gram protein, 11 gram lemak, 16 gram karbohidrat dan 7 gram gula.

2. Susu kelapa atau santan

Susu kelapa tau yang biasa kita kenal dengan santan sudah sangat akrab dengan bahan makanan yang kita buat hampir setiap hari.

Rasanya yang gurih membuat susu yang satu ini menjadi primadona menu makanan Indonesia.

Dalam satu cangkir susu kelapa mengandung sekitar 45 kalori, 2,5 gram lemak, 0 gram protein, 1 gram karbohidrat dan 1 gram gula.

3. Susu beras

Mungkin di telinga kita produk yang satu ini masih sangat jarang terdengar keberadaannya.

Susu yang biasanya terbuat dari beras cokelat ini sangat bersahabat bagi kamu yang mengalami alergi pada produk susu lainnya.

Dalam satu cangkir susu beras mengandung sekitar 120 kalori, 2,5 gram lemak, 1 gram protein, 23 gram karbohidrat dan 10 gram gula.

Memang terbilang cukup sedikit nutrisi baik dibandingkan dengan susu nabati lainnya.

4. Susu kedelai

Banyaknya konsumsi kedelai di Indonesia membuat susu kedelai menjadi pilihan yang murah dan sehat bagi sebagian masyarakat.

Selain rasanya yang lezat, nutrisi yang tidak kalah banyak dari susu hewani juga menjadi salah satu alasan kita menyukai susu kedelai.

BACA JUGA: Histori Susu Kental Manis

Dalam satu cangkir susu kedelai mengandung sekitar 110 kalori, 4,5 gram lemak, 6 gram protein, 9 gram karbohidrat dan 6 gram gula. []

 

Sumber: detikhealth

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.