Unik, Informatif , Inspiratif

4 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

0

Bersepeda bisa menjadi salah satu olahraga termudah dan menyenangkan agar tetap bugar. Selain mengendalikan berat badan Anda, manfaat bersepeda bisa mengurangi depresi, stres dan kecemasan.

Dengan bersepeda, seseorang dapat meningkatkan produksi bahan kimia seperti serotonin, dopamin dan phenylethylamine di otak yang membuat Anda merasa bahagia dan depresi tetap terjaga.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat sehat yang bisa didapat dari bersepeda.

1. Menangkal diabetes

Sebagaimana penyakit kardiovaskular, diabetes juga bisa dicegah dengan gaya hidup aktif dan bugar. Penelitian di University of Southern Denmark menyebut risiko terkena diabetes lebih rendah pada orang-orang yang rutin bersepeda. Makin rajin bersepeda, makin rendah risiko terkena penyakit tersebut.

2. Meningkatkan mood dan mengurangi stres

Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa bersepeda ke tempat kerja adalah cara yang efektif untuk mendapatkan mood terbaik. Karyawan yang bersepeda teramati punya level stres yang lebih rendah dibanding mereka yang mengendarai mobil.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian terbaru di Inggris menyebut bahwa olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging dan bersepeda bisa memangkas risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Mereka yang rutin bersepeda menuju tempat kerja memiliki risiko penyakit kardiovaskular 11 persen lebih rendah. Bahkan yang hanya sesekali bersepeda, risiko kematian dini berkurang hingga 8 persen.

4. Memangkas berat badan

Bersepeda termasuk salah satu olahraga yang efektif memangkas berat badan. Sebuah penelitian di Inggris yang melibatkan 150.000 partisipan mengkonfirmasi bahwa pengendara sepeda punya indeks massa tubuh yang lebih ideal dibanding mereka yang bepergian dengan kendaraan bermotor.

Itulah beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan. []


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline