manfaat bawang merah
Foto: Hello Sehat

4 Manfaat Makan Bawang Merah, Sehatkan Tulang sampai Cegah Kanker

Bawang merah, salah satu bumbu masakan yang sering ditemui di dapur ini ternyata terbukti memiliki banyak manfaat. Mulai dari meringankan keram menstruasi, hingga mencegah kanker.

Manfaat yang dimiliki bawang merah tersebut gara-gara kandungan senyawanya. Misalnya komponen organosulfur, baik pada bawang merah dan putih, mampu mencegah perkembangan sel-sel kanker. Hasil penelitian menyebutkan asupan bawang yang tinggi 56 persen lebih rendah terkena kanker kolon dan 25 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Melansir The Alternative Daily, berikut manfaat selengkapnya mengonsumsi bawang merah.

1. Bantu tidur lebih lelap
Walau belum terbukti secara ilmiah, banyak yang merasakan aroma bawang merah membantu tidur lebih lelap. Caranya dengan memotong-motong lima siung bawang merah lalu hirup sebelum tidur. Bisa juga dengan diletakkan di meja samping kasur.

2. Perkuat sistem kekebalan tubuh
Kandungan mineral selenium dalam bawang merah terbukti memiliki peran penting melawan infeksi. Kehadiran komponen tersebut mampu membuat kekebalan tubuh jadi lebih kuat.

3. Kurangi sakit keram saat menstruasi
Kandungan di dalam bawang merah dikenal mampu menenangkan saat keram menstruasi. Untuk mendapatkan hasil tersebut, konsumsi bawang merah 4-5 hari sebelum menstruasi datang.

4. Dukung kesehatan tulang
Studi menyebutkan konsumsi bawang merah membantu meningkatkan kepadatan tulang. Wanita jelang menopause yang rajin mengonsumsi bawang merah memiliki risiko rendah mengalami patah tulang pinggul.


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *