Unik, Informatif , Inspiratif

4 Tempat di Indonesia dengan Cara Penyajian Kopi yang Unik

0

Indonesia kaya akan budaya. Termasuk juga dalam penyajian dan menikmati kopi. Jika di Indonesia, ada beberapa daerah penghasil kopi yang juga disertai cara unik untuk menikmati secangkir kopi nusantara.

1. Kopi Khop Aceh

Pernah melihat iklan kopi dengan meminum tumpahan kopi di atas piring kecil? Nah, sepertinya yang memerankan iklan itu berasal dari aceh. Aceh memang selalu memiliki budaya yang unik.

Jika berkunjung ke sana akan ditemukan secangkir kopi terbalik di atas piring kecil. Cara minumnya bisa dengan menyeruput kopi yang tumpah di piring kecil atau meminumnya dengan sedotan.

BACA JUGA: Membuat Kopi dengan Air Zam-Zam?

2. Kopi Joss Jogja

Kopi ini lebih aneh lagi nih. Tau tidak dari mana asal nama kopi joss? Nah, kata joss nya ini berasal dari bunyi arang membara, yang dimasukan ke dalam gelas berisi kopi. Tenang saja, arangnya bukan untuk dimakan. Tentunya, ada cita rasa tersendiri saat menikmati kopi joss jogja ini.

3. Kopi Rarobang Ambon

Ambon bukanlah penghasil kopi di Indonesia. Tapi, Ambon pun memiliki kopi khas daerahnya. Cara masyarakat menyajikan kopi Rarobang ini adalah dengan mencampur rempah-rempah ke dalam rebusan kopi yang kemudian disaring. Irisan kacang kenari pun ditambahkan ke dalam cangkir atau gelas berisi kopi tersebut.

BACA JUGA: Suka Sakit Perut Usai Minum Kopi, Kenapa ya?

4. Kopi Kawa Daun Bukittinggi

Biasanya kopi berasal dari biji kopi bukan? Tapi yang satu ini beda, lho. Dari Namanya saja bisa ditebak bukan?

Daun kopi yang disangrai menjadi bahan dari secangkir kopi yang nikmat ini. Adapun sejarahnya, di zaman kolonial, warga pribumi dilarang menikmati minuman seduhan biji kopi, sehingga mereka berkreasi dengan menyeduh daunnya. Penyajiannya pun bukan dengan gelas atau cangkir, tapi dengan batok kelapa.  []

SUMBER: AYAH BUNDA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline