Unik, Informatif , Inspiratif

4 Tips Memilih Ikan Asin Tak Berformalin

0

Kualitas ikan asin sebenarnya bisa dilihat dari tampilannya. Makanan lezat yang satu ini sebenarnya hanya punya sedikit kemungkinan tidak enak karena rasanya, toh, cuma asin.

Tapi, kalau sedang tidak beruntung, bisa saja kita mendapat ikan asin berbau tengik dan tajam yang sudah pasti tidak enak dimakan.

Ikan asin, seperti kita tahu, merupakan makanan kesukaan warga Indonesia. Selain enak, harganya juga terbilang murah.

Namun sayangnya, di zaman ini, sampai ikan asin pun dibuat dengan tidak jujur. Ada banyak pembuat ikan asin dan pedagang nakal yang mencampurkan formalin ke dalam ikan asin agar lebih awet. Padahal, formalin sangat buruk untuk kesehatan dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan bisa meningkatkan risiko kanker!

BACA JUGA: Berikan Tidur yang Berkualitas untuk Bayi

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tanda ikan asin yang mengandung formalin. 

Bau Khas Ikan Hilang

Ikan asin yang mengandung formalin umumnya akan kehilangan bau khas ikan. Ini karena zat kimia pada formalin membuat aroma sedap pada ikan berkurang bahkan hilang.

Tekstur Ikan Keras dan Alot

Daging ikan biasanya mudah hancur dan rapuh. Meski pun ikan itu sudah dijadikan ikan asin. Jika ikan memiliki tekstur keras, alot dan tidak mudah hancur, kemungkinan besar ikan ini telah mengandung formalin.

Ikan Asin Sangat Awet

Tanda pertama ikan asin mengandung formalin adalah ikan asin sangat awet. Biasanya, ikan asin ini akan bertahan selama berbulan-bulan dan bentuknya tidak berubah. Jika menemukan ikan asin seperti ini sebaiknya hindari. Ikan asin tanpa bahan pengawet hanya bertahan selama 1 bulan. Ikan asin yang tidak mengandung pengawet, umumnya akan cepat busuk atau rusak.

BACA JUGA: Ini Jadinya Jika Ojek Online Dikategorikan sebagai Angkutan Umum

Lalat dan Kucing Enggan Memakan Ikan

Ikan asin yang mengandung pengawet tidak akan dihinggapi lalat. Saat kita memberikannya pada kucing, kucing juga tidak akan memakannya. Hewan biasanya memiliki sensor lebih peka terhadap zat kimia yang berbahaya buat tubuhnya.

Itulah beberapa tanda yang harus dihindari saat memilih ikan asin. Semoga informasi ini bermanfaat. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.