Unik, Informatif , Inspiratif

4 Tips Pilih Mouse yang Baik

0

Tetikus atau mouse menjadi salah satu kelengkapan gawai yang tampaknya juga sangat penting. Dengan mouse, kita akan lebih mudah mengerjakan pekerjaan, baik di komputer desktop maupun laptop.

Dalam perkembangannya mouse kini memiliki banyak variasi yang dapat kita pilih, mulai dari wireless mouse, wire mouse atau juga mouse yang menggunakan infrared dan banyak lagi.

Jika kita lihat dari segi bentuk dan ukuran, hal ini tentunya akan sedikit memusingkan kita ketika harus memilih mouse karena banyaknya varian yang ditawarkan. Untuk itu kita juga dituntut selektif dalam memilih mouse yang tepat untuk kita.

Dikutip dari ajisubekti.blogspot.co.id, berikut beberapa hal yang mungkin dapat kita jadikan acuan memilih mouse.

1. Perhatikan bentuk dan ukuran mouse

Bentuk dan ukuran mouse yang tepat akan memberikan rasa nyaman saat digunakan. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk memilih mouse yang pas dengan kenyamanan tangan kita saat digunakan karena berbagai bentuk dan ukuran mouse yang bervariasi, mulai bentuk kotak, bulat dan ada juga yang tidak beraturan.

Hal ini akan sedikit banyak membuat kita sulit untuk memilih yang pas untuk tangan kita. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mencoba mouse yang akan kita beli minimal ketika kita pegang atau arahkan mouse kita merasa nyaman ketika kita pegang dan kita gunakan.

2. Resolusi mouse

Resolusi mouse, meskipun jarang diperhatikan banyak orang tapi ini bisa jadi salah satu acuan dalam pemilihan mouse yang bagus. Resolusi mouse sangat berpengaruh dengan kenyamanan kita dalam mengontrol atau mengarahkan kursor mouse.

Semakin besar resolusi, maka semakin bagus gerak kursor mouse hal ini akan sangat berpengaruh. Resolusi mouse dapat kita lihat pada kotak atau kemasan mouse yang memiliki satuan dpi (dot per inch) pada umunya resolusi mouse yang bagus untuk design profesional adalah di atas 800 dpi atau minimal 1200dpi

3. Koneksi mouse yang digunakan

Banyak sekarang kita jumpai wireless mouse atau mouse yang tidak menggunakan kabel tapi menggunakan singnal radio. Hal ini akan membuat tambahan pilihan bagi kita dalam memilih mouse, karena tidak sedikit yang terjebak dalam memilih mouse wireless atau mouse wire.

Tentunya yang harus kita perhatikan di sini adalah kebutuhan atau kenyemanan kita, karena kedua jenis mouse ini memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti pada mouse wireless akan lebih praktis digunakan dibandingkan yang menggunakan kabel. Namun juga harus kita perhatikan power atau baterai yang dibutuhkan untuk mouse wireless.

4. Harga mouse

Ada harga ada kualitas. Mungkin itu yang banyak kita lupakan sekarang ini karena tidak sedikit dari kita yang menginginkan barang dengan kualitas bagus dengan harga murah.

Dalam memilih mouse, harga juga sangat berpengaruh apalagi jika mouse yang akan kita beli adalah mouse yang memiliki merk atau kualitas yang bagus. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.