warga suriah, 40 Ribu-an Warga Suriah Telah Kembali dari Turki
Unik, Informatif , Inspiratif

40 Ribu-an Warga Suriah Telah Kembali dari Turki

0

Lebih dari 40 ribu warga Suriah telah meninggalkan Turki selama setahun terakhir karena kampung halaman mereka yang berhasil bersih dari teroris.

Seperti dilansir Anadolu, telah berlindung di Turki karena perang saudara, sebanyak 40.574 warga Suriah dari berbagai wilayah di Turki menggunakan gerbang perbatasan Cilvegozu di provinsi Hatay untuk pergi ke wilayah Idlib yang telah bebas dari teror.

BACA JUGA: Mainan Edukatif untuk Anak-Anak Rohingya dan Suriah Segera Datang

Mereka kembali ke tanah airnya setelah melalui prosedur hukum di perbatasan.

Tahun ini, sebanyak 104 ribu truk bermuatan bantuan kemanusiaan dan material komersial masuk ke Suriah menggunakan gerbang perbatasan yang sama.

Operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun Turki di bagian barat laut Suriah telah membebaskan wilayah itu dari teroris YPG/PKK dan Daesh, memungkinkan warga sipil Suriah untuk kembali ke tanah air mereka.

BACA JUGA: Pemimpin Arab Pertama yang Kunjungi Suriah

Bulan lalu, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan hampir 300 ribu warga Suriah telah kembali ke rumah mereka sejak militer Turki melakukan operasi di wilayah tersebut.

“Jumlah warga Suriah yang kembali ke negara mereka setelah Operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun adalah 291.790 orang,” ungkap Soylu. []

SUMBER: ANADOLU


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.