, 5 Bahaya Ini Akan Timbul Ketika Anda Sering Meminum Air Dingin!
Unik, Informatif , Inspiratif

5 Bahaya Ini Akan Timbul Ketika Anda Sering Meminum Air Dingin!

0

 

Meminum air dingin saat cuaca terik tentu dianggap menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan dahaga. Ya, air dingin atau air es kerap dijadikan sebagai solusi saat tenggorokan kering.

Padahal, mengkonsumsi air dingin terlalu sering juga tak sepenuhnya baik. Meski menjadi minuman yang menyegarkan, namun rupanya air dingin memiliki beberapa efek buruk bagi kesehatan, bahkan salah satunya dapat mempengaruhi kinerja jantung.

Inilah lima dampak negatifnya:

1.Mengganggu pencernaan

Minum air dingin atau air es akan memperlambat proses pencernaan. Suhu dingin air es dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga akan menghambat proses pencernaan. Jika terus dibiarkan, maka akan berujung pada penumpukan lemak di bagian perut.

2. Mengurangi nutrisi makanan

Suhu normal tubuh adalah 37°C. Saat meminum air dingin, tubuh akan berusaha mengembalikan suhu normal dengan cara membakar energi. Mengkonsumsi air dingin secara terus menerus akan mengurangi asupan nutrisi, karena makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa diserap secara optimal.

3. Memicu radang tenggorokan

Minum air dingin terlalu sering juga dapat memicu munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Bila dibiarkan, saluran tenggorokan akan lebih rentan terkena infeksi dan radang, serta mengganggu sistem pernafasan.

4. Memperlambat detak jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, meminum air dingin terlalu sering dapat memengaruhi saraf vagus. Saraf vagus merupakan saraf dalam tubuh yang berfungsi mengontrol aktivitas bawah sadar tubuh seperti detak jantung. Air dingin dapat mempengaruhi kinerja saraf ini dan membuat detak jantung menjadi lebih pelan.

5. Memicu sakit kepala

Meminum air dingin terlalu sering juga dapat menyebabkan sakit kepala. Air es dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh, sehingga akan menggangu saraf pusat. Terganggunya saraf pusat akan ditandai dengan rasa pusing di kepala.

Semoga bermanfaat. []

SUMBER: kumparan.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.