akibat toren air tidak dibersihkan, 5 Bakteri yang Timbul Akibat Toren Air Tidak Dibersihkan
Unik, Informatif , Inspiratif

5 Bakteri yang Timbul Akibat Toren Air Tidak Dibersihkan

0

Bagi Anda yang menaruh pasokan air bersih dengan cara menyimpan di tangki air atau biasa disebut toren, mulailah untuk melakukan perawatan toren secara rutin. Hal ini harus dilakukan agar air yang disimpan tetap dalam kondisi bersih dan terhindar dari timbulnya bakteri.

Bakteri apa saja yang ada pada toren kotor? Apakah bakteri tersebut akan menimbulkan suatu penyakit?

1. Cryptosporidium

Cryptosporidium merupakan genus protozoa yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan, seperti diare. Kondisi tersebut dikenal sebagai cryptosporidiosis atau serangan diare yang melumpuhkan. Cryptosporidiumadalah organisme yang paling sering terisolasi pada pasien HIV positif yang mengalami diare.

2. Anabaena

Di Australia, bakteri air tawar Anabaena telah ditemukan memproduksi saxitoxins, sejenis neurotoksin yang dapat menyebabkan penyumbatan pernapasan, yang diikuti dengan kematian. Untungnya, bakteri ini adalah salah satu mikroorganisme yang mudah disaring dari air minum.

BACA JUGA: Cegah Bakteri, 5 Benda Ini Harus Rajin Dibersihkan

3. Escherichia coli

Escherichia coli (E. coli) adalah suatu bakteri yang umum ditemukan di bawah usus organisme berdarah panas atau endotermik. Kebanyakan bakteri E. coli tidak berbahaya, tetapi beberapa dari bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan yang serius pada manusia dan diare akibat kontaminasi makanan.

4. Legionella pneumophila

Legionella pneumophila merupakan istilah medis untuk infeksi pernapasan akut yang disebabkan oleh spesies dari bakteri aerobik milik genus Legionella.

BACA JUGA: Waduh, Ponsel Mengandung Banyak Bakteri?

5. Naegleria fowleri

Naegleria fowleri merupakan salah satu jenis amuba dari kelompok Percolozoa atau Heterolobosea. Bakteri ini adalah amuba milik kelompok Percolozoa atau Heterolobosea. N. fowleri yang dapat menyerang sistem saraf manusia. Meskipun hal ini jarang terjadi, infeksi ini dapat menyebabkan kematian korban. Tingkat fatalitas kasus diperkirakan mencapai 98%.

Itulah 5 bakteri yang timbul di toren air yang sudah lama tidak dibersihkan. Oleh karena itu, mulailah melakukan perawatan rutin pada toren. Periksalah komponen pada toren, apakah sudah ada yang berlumut, kotor atau rusak, serta bersihkan bagian dalam dan luar toren air dengan lap. Karena jika sumber air yang kita gunakan bersih, maka tubuh pun akan sehat. []

SUMBER: UMMI ONLINE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.