Unik, Informatif , Inspiratif

5 Cara Jitu Atasi Iritasi Payudara Ibu yang Sedang Menyusui

0

Fase menyusui setelah melahirkan adalah salah satu hal terpenting. Namun, terkadang banyak ibu yang mengalami iritasi sehingga payudaranya menjadi gatal, memerah, bahkan bisa jadi luka. Hal ini menjadi penghambat bayi untuk mendapatkan ASI yang eksklusif. Lalu, bagaimana mengatasi masalah kulit ini? Berikut lima tips atasi iritasi pada payudara ibu yang dikutip uzone.id.

1. Tempelkan kompres bagian payudara dengan air hangat pada bagian yang gatal atau teriritasi.

2. Anda bisa melakukan tips berikut ini untuk meringankan gejala bahkan menyembuhkan iritasi payudara yang Anda alami.

3. Jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter begitu gejala awal iritasi mulai menampakkan diri. Dokter dapat meresepkan obat-obatan anti-iritasi yang aman untuk Anda gunakan selama masa menyusui.

4. Eksim, seperti payudara gatal, memerah, hingga pecah-pecah di permukaan kulit, bisa diakibatkan karena alergi atau iritasi akibat sesuatu hal. Jadi, sebisa mungkin ketahuilah penyebab alergi dan zat iritan yang menyebabkan masalah ini terjadi.

5. Gunakan obat salep yang diberikan dokter. Anda tetap bisa menggunakan obat luar dari dokter selama menyusui. Gunakan salep ini sesaat setelah Anda menyusui si kecil, kemudian bilas dan bersihkan ketika bayi Anda akan menyusu kembali.

Bila memang kondisi iritasi payudara Anda tidak kunjung sembuh, sebaiknya kembali periksakan diri ke dokter. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.