fakta dunia digital
Foto: Gizmodo

5 Fakta Perkembangan Teknologi Digital di Dunia

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani yang berarti jari jemari. Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit). Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit.

Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan terhadap bilangan dari angka 0 dan 1 atau off dan on pada bilangan biner.

Sejarah digital bermula dari sistem digital kuno seperti teks terlulis dalam buku dengan alfabet dan jenis karakter terbatas sebagai simbol diskrit.

1. Kode Morse

Perkembangan dunia digital diawali dengan adanya kode morse, yang menggunakan kode titik dan garis untuk menyimbolkan karakter. Kode morse mengirim menggunakan metode gelombang atau cahaya.

BACA JUGA: Pria Ini Ingin Awetkan Memori dan Kesadarannya Jadi Digital

2. Huruf Braille

Kemudian sistem huruf braille keluar, braille adalah sistem biner pertama untuk pengkodean karakter, yang menggunakan 6 bit kode yang nanti ditampilkan menggunakan pola titik. Dan munculnya semaphore yang menggunakan bendara atau benda lain, yang di pegang dan di posisikan pada posisi tertentu untuk mengirimkan pesan kepada penerimanya.

3. Revolusi Digital

Pada tahun 1980an dan selanjutnya adalah perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang berlanjut sampai hari ini. Revolusi digital juga dipicu oleh sebuah golongan generasi muda yang lahir pada tahun 80an.

BACA JUGA: Ternyata Teknologi Digital 5 Dimensi Sudah Ada di Zaman Rasulullah?

4. Lahirnya world wide web atau WWW

Pada tahun 1992 World Wide Web di rilis ke publik, internet mulai luas di pergunakan di setiap negara. Pada tahun 1999, hampir setiap negara sudah memiliki sambungan internet, dan pada tahun 1989 rata-rata 15% rumah tangga di negara amerika sudah memiliki komputer. Di tahun 2000 an barulah meningkat sampai sebesar 51%.

5. Munculnya situs jejaring sosial

Situs jejaring sosial atau yang biasa kita sebut sosmed, yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, dapat mencari atau menerima teman baru. Situs jejaring sosial mulai muncul pada tahun 1997, Dan mulai berkembang dan di minati pada tahun 2000an, bermunculan situs jaring sosial seperti friendster, facebook, twitter yang berlanjut pada tahun 2005 yang berkembang sampai sekarang. []

Sumber: Spoters


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *