affandi
affandi (foto: notepam)

5 Fakta Unik Affandi

affandi
affandi (foto: notepam)

INSPIRADATA. Bertepatan dengan May Day atau Hari Buruh se-dunia, tanggal 1 Mei 2017 merupakan hari lahir sang Maestro Lukis Indonesia Affandi. Google Indonesia memasang lukisan wajah Affandi sebagai doodlenya hari ini. Dan Affandi sendiri meninggal pada 23 Mei 1990.

Seperti dirangkum Rappler.com, berikut inilah 5 fakta menarik tentang Affandi:

1. Lebih dari 2000 karya lukis

Seniman yang lahir di Cirebon, Jawa Barat, tersebut merupakan pelukis Indonesia yang telah menghasilkan lebih dari 2000 lukisan. Karya-karyanya telah dipamerkan dan memukau pecinta seni di Asia, Eropa, hingga Amerika.

Bahkan, pada tahun 1950-an ia kerap mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, dan Amerika Serikat.

2. Meraih pendidikan tinggi

Dari segi pendidikan, Affandi mengenyam pendidikan formal di sekolah-sekolah bergengsi pada jamannya. Ia memperoleh pendidikan dari Hollandsch-Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), dan Algemeene Middlebare School (AMS).

Ia pun meraih gelar Doktor Honoris Causa dari University of Singapore pada tahun 1974 berkat karya-karyanya yang mendunia.

BACA JUGA
Siapa Sosok Pria Tua yang Ditampilkan Google Doodle Hari Ini?

3. Berjasa dalam dunia seni rupa Indonesia

Meski tercatat sebagai pelukis internasional, namun Affandi juga berjasa dalam dunia seni rupa Indonesia. Sekitar tahun 1930-an, Affandi bergabung dalam kelompok Lima Bandung, yang terdiri dari lima orang pelukis asal Bandung, yaitu Affandi, Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi.

Kelompok ini memberikan andil besar dalam perkembangan seni rupa Indonesia dengan membentuk kelompok belajar bersama untuk saling membantu dan bekerja sama antar pelukis.

4. Ikut serta dalam masa kemerdekaan

Di masa kemerdekaan pada tahun 1945, seniman banyak yang ikut ambil bagian dalam peristiwa bersejarah ini, termasuk Affandi. Ia bertugas untuk membuat poster dengan ide Presiden Soekarno, yang menggambarkan seseorang yang berhasil melepaskan diri dari rantai. Sementara kata-kata yang tertulis dalam lukisan tersebut “Boeng, Ajo Boeng” merupakan usulan dari penyair Chairil Anwar.

5. Karyanya diabadikan dalam Museum Affandi

Saat Affandi masih hidup, museum ini juga berfungsi sebagai studio tempatnya melukis. Museum yang terletak di pinggir sungai Gajah Wong, Yogyakarta ini menempati lahan seluas 3.500 meter persegi dan menampung 300 karya lukisan Affandi.

Tak hanya karya Affandi, museum ini juga memamerkan karya seniman Indonesia lainnya seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli dan Muchtar Apin. Selain itu juga terdapat lukisan karya putri dan cucu Affandi, Kartika dan Didit.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *