negara yang ideal
Foto: Kompas.com

5 Hal di Finlandia Ini Bisa Buat Warga Negara Lain Iri, Apa Saja?

Finlandia bukan sekadar negeri tempat ponsel Nokia diproduksi atau tempat asal para pebalap seperti Mika Hakkinen, Tommy Makkinen, atau Kimi Raikkonen.

Namun, lebih dari itu, negeri Skandinavia ini ialah salah satu negeri paling makmur di dunia.

Finlandia terkenal mempunyai banyak keunggulan di bidang ekonomi, kebebasan sipil, pendidikan, pengembangan manusia, dan kualitas hidup.

Finlandia seolah menjadi gambaran suatu negara yang ideal. Banyak hal di negeri itu yang membuat warga negara lain iri. Apa saja?

1. Wanita yang baru melahirkan diberi hadiah

Dilansir dari Kompas.com, Finlandia ialah negara yang paling baik bagi ibu dan anak, menurut indeks yang disusun Save the Children.

Perhatian negara kepada ibu yang baru melahirkan sangatlah besar, salah satunya ialah pemberian bingkisan yang berisi 50 barang kebutuhan bayi.

Barang-barang itu antara lain pakaian bayi, berbagai kebutuhan higienis, dan mainan bayi yang semuanya dimasukkan ke dalam sebuah kotak.

Kotak itu cukup besar bahkan bisa digunakan untuk tempat tidur bayi. Jika tak mau menerima bingkisan ini maka sang ibu bisa meminta “mentahnya” berupa uang senilai 140 euro atau Rp 2,2 juta.

Pemberian bingkisan ini sudah dimulai sejak 1938. Awalnya bingkisan ini hanya untuk warga berpenghasilan rendah tetapi kini bingkisan diberikan untuk semua perempuan yang baru melahirkan.

2. Anak-anak berangkat dan pulang sekolah gratis naik taksi

Menurut undang-undang Finlandia, anak-anak yang kediamannya berjarak lebih dari lima kilometer dari sekolah berhak mendapatkan tumpangan bus atau taksi gratis

Bus dan taksi yang digunakan anak-anak sekolah ini adalah kendaraan biasa yang dikelola perusahaan swasta tetapi dengan tanda khusus.

Untuk bus sekolah untuk siswa sekolah memiliki tanda “Koulukyyti/Skolskjuts” di bagian depan dan belakang. Sedangkan taksi memasang tanda segi tiga di atapnya.

Selain itu, bus dan taksi yang khusus digunakan untuk antar jemput anak-anak sekolah itu tak boleh melaju dengan kecepatan di atas 80 km/jam.

3. Taman bermain di hampir setiap sudut kota

Di Helsinki, ibu kota Finlandia, setiap daerah memiliki taman bermain yang dipagari dan memiliki jalan khusus yang aman untuk anak-anak.

Di taman itu tersedia berbagai permainan, kolam renang kecil, serta ruangan berisi buku, mainan, bahkan dapur yang dilengkapi kulkas, microwave, dan lainnya.

Dan yang paling menyenangkan adalah semua fasilitas di taman bermain ini bisa dinikmati gratis.

4. Di level playgroup tersedia satu guru untuk empat siswa

Anak-anak Finlandia sudah diperkenalkan dengan dunia sekolah saat mereka berusia sembilan bulan.

Untuk mendampingi anak-anak balita ini maka di setiap sekolah tersedia satu guru untuk empat anak berusia di bawah 3 tahun.

Lalu satu guru menangani tujuh anak saat mereka sudah berusia tiga tahun.

Dan, guru-guru ini bisa menentukan cara sendiri untuk memperkenalkan anak-anak ini dengan sekolah. Sehingga pendekatan yang dilakukan terhadap setiap anak berbeda.

Biasa sekolah di Finlandia cukup mahal yaitu sekitar 1.000 euro atau hampir Rp 16 juta sebulan

Namun, para orangtua hanya perlu membayar tak lebih dari 280 euro atau Rp 4,4 juta saja.

5. Warga mendapatkan uang bulanan gratis dari negara

Sejak Januari 2017, 2.000 warga Finlandia khususnya yang berpengasilan rendah dan menganggur mendapatkan uang bulanan 560 euro atau Rp 8,8 juta sebulan.

Jika eksperimen ini berhasil maka pemerintah Finlandia akan memberikan apa yang disebut “penghasilan minimal tanpa syarat” sebesar 800 euro atau sekitar Rp 12,6 juta sebulan.

Apa tujuan dari pemberian uang ini? jika rakyatnya memiliki cukup uang di kantong, pemerintah Finlandia yakin mereka akan percaya diri mencari pekerjaan yang mereka sukai, bukan asal mendapatkan pekerjaan.

Dengan uang bulanan ini, pemerintah berpikir warganya  yang ingin memulai bisnis tetapi kekurangan modal bisa terbantu. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *