Unik, Informatif , Inspiratif

5 Hal Ini Kenapa Yogyakarta Menyandang Gelar Daerah Istimewa

0

Indonesia sampai pada saat ini memiliki 35 Provinsi yang membentang dari Sabang sampai Merauke, memiliki keberagaman kebudaaan, suku dan bahasa. Dalam sistem kepemerintahan Indonesia, pemerintah nasional memberikan amanah untuk pemerintah daerah khususnya pemerintah provini untuk membuat aturan sendiri sesuai dengan kebutuhan daerahnya, tanpa melanggar Undang-undang sebagai konstitusi tertinggi negara Indonesia.

Namun ada yang berbeda dengan beberapa provinsi, yaitu dengan ditambah penyebutan Daerah Istimewa. Apa perbedaan dari daerah yang lain? Apa yang menyebabkan salah satunya provinsi  yaitu Yogyakarta menyandang Daerah Istimewa? Dikutip dari Kaskus beberapa di antaranya:

yogyakarta, daerah istimewa, 5 Hal Ini Kenapa Yogyakarta Menyandang Gelar Daerah Istimewa
Foto: Okezone News

1. Kebudayaan sistem kerajaan yang telah melekat

Sebelum bergabung dengan Negara kesatuan Republik Indonesia, Yogyakarta memiliki sistem pemerintahan berbentuk kerajaan (Kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat dan Pakualaman) dan kebudayaan sistem pemerintahan kerajaan masih melekat pada masyarakat ataupun aparat di pemerintahan Jogja yang selalu patuh dan mengikuti semua peraturan yang di keluarkan oleh raja.

2. Amanat Sri Sultan pada Amanat 5 September

Ketika Indonesia diproklamasikan sebagai suatu negara merdeka oleh Soekarno Hatta, sebenarnya Kerajaan Yogyakarta dan begitu juga kerajaan-kerajaan lain di wilayah bekas jajahan Belanda bisa saja melepaskan diri dari NKRI. Namun ternyata Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII memberikan dukungan terhadap NKRI dan dalam amanat yang ditandatangani Sri Sultan bersama Paku Alam menyatakan “Bahwa Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat jang bersifat keradjaan adalah daerah istimewa dari Negara Republik Indonesia.”

Isi lain dari amanat Sri Sultan tersebut adalah, “Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat mulai saat ini berada di tangan kami dan kekuasaan-kekuasaan lainnya kami pegang seluruhnya.”

3. Amanat Paku Alam VIII yang menyatakan:

“Bahwa Negeri Paku Alaman jang bersifat keradjaan adalah daerah istimewa dari Negara Republik Indonesia.” Berikutnya, “Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Paku Alaman, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Paku Alaman mulai saat ini berada ditangan Kami dan kekuasaan-kekuasaan lainnja Kami pegang seluruhnja.”

4. Dikuatkan dalam Hal Sejarah Pembentukan Pemerintahan DIY

Terkait dengan perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia sesuai UUD 1945, Pasal 18 & Penjelasannya yang menjamin hak asal-usul suatu daerah sebagai daerah swa-praja (zelfbestuurende landschaappen).

5. Berdasar putusan Mahkamah tentang Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004

Saat ini Yogyakarta merupakan salah satu daerah istimewa yang dimiliki Indonesia. “Yogyakarta menjadi daerah istimewa karena faktor sejarah”. ()


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.