manfaat buah pisang
Foto: NDTV Food

5 Jenis Pisang Terbaik di Indonesia

Foto: NDTV Food

INSPIRADATA. Pisang yang dalam bahasa Inggris disebut ‘banana’, dikenal juga sebagai ‘happy fruit’. Di Indonesia, terdapat lebih dari 230 pisang.

Namun di pasaran hanya terdapat beberapa jenis pisang yang dijual secara resmi. Pisang tersebut memang tidak murni diambil dari Indonesia, namun beberapa diambil dari luar kemudian dikembangbiakan di tanah Indonesia.

Diantara ratusan jenis pisang, tentu ada yang terbaik. Dikutip dari Aku Buah Sehat, inilah 5 jenis pisang terbaik di Indonesia:

Pisang Cavendish

Pisang ini adalah jenis pisang ambon putih yang sangat disukai di dunia. kulitnya tebal dan daging buahnya putih kekuningan, berasa manis. Kandungan gulanya  22 (dalam derajat brix).

Pisang Mas

Pisang mas memiliki keistimewaan, bekas kepala putik yang mengering tetap menempel pada buah. daging buahnya berwarna putih kekuningan dengan kulit buah berwarna kuning cerah. Besarnya lebih kecil dibandingkan pisang Cavendish. Namun kadar Brix pada pisang mas lebih tinggi satu point yakni 23.

Pisang Baranang

pisang ini merupakan buah khas dari Sumatera Utara, buahnya memiliki keunggulan dibandingkan dengan varietas pisang lainnya. keunggulan tersebut antara lain; daging buahnya lebih manis, warna kulit kuning, warna daging buah kuning kemerah-merahan, daging buah kering dan beraroma baik. Dan kandungan Brix nya sama denga pisang mas yakni 23.

Pisang Raja Bulu

Pisang ini siap santap dan bisa juga diolah. Warna kulitnya kuning cerah dan warna daging kuning kemerahan. Pisang raja bulu sangat manis dengan tingkat kemanisan 28-31.4 briks.

Pisang Kepok

Pisang kepok buahnya gendut dan berbentuk agak persegi, berkulit tebal. Pisang kepok merupakan kenis pisang olahan yang memiliki kandungan pati relatif tinggi. Selama proses pemasakan, pati akan berubah menjadi gula. Itulah sebabnya pisang kepok kukus lebih manis. Kandungan kemanisannya pun terukur, 27 briks.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *