Unik, Informatif , Inspiratif

5 Jus Buah Ini Berkhasiat Encerkan Darah Kental

0

Jus buah memang salah satu minuman yang bisa membuat segar. Selain itu, jus buah juga bisa menjadi solusi alami sebagai pengencer darah yang membeku.

Selain mendapat tambahan gizi bagi tubuh, minum jus dari buah-buahan segar bisa berperan aktif dalam mengatasi kondisi sel-sel darah menggumpal, yang kerap menyebabkan sistem kerja metabolisme tubuh tidak lancar.

Dikutip dari obatkolesteroldiapotik, berikut jenis-jenis buah segar yang dapat diolah menjadi minuman segar pengencer darah:

1. Nanas

Mungkin anda sering mendengar bahwa nanas memiliki manfaat hebat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Namun tak hanya itu saja, kandungan bromelain dalam nanas cukup membantu meminimalkan resiko pembekuan darah abnormal, maupun mengurangi pembentukan plak di arteri. Sehingga mengkonsumsi nanas tiap hari juga dianjurkan sebagai makanan pengencer darah dalam tubuh.

2. Tomat

Tomat adalah buah-buahan yang gampang sekali ditemukan dan biasanya ada di dapur rumah anda. Kandungan enzim bromelain juga terdapat pada buah segar ini. Mengkonsumsi 3-5 buah tomat sehari membuat tubuh mendapat tambahan asupan gizi, terlebih masalah pembekuan darah dapat dihindari.

BACA JUGA: Waspada, Gula Darah Tinggi Akibatkan Kematian

3. Jus Anggur Ungu / Merah

Kandungan Flavonoid dalam anggur ungu cukup kuat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Ketika dikonsumsi secara tepat, buah tersebut mampu memberikan efek positif sebagai pengencer darah alami.

Mengkonsumsi anggur ungu / merah sebanyak 5-7 buah per hari, merupakan jumlah ideal untuk diterapkan. Minum jus dari buah anggur segar dapat menyeimbangkan kadar kekentalan darah dalam tubuh.

4. Kiwi

Kiwi cukup berkhasiat dalam menunjang program diet dan membantu menyehatkan jantung. Orang yang mengkonsumsi 2-3 buah kiwi per hari mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena resiko pembekuan darah dapat dikurangi.

BACA JUGA: Sinyal WiFi Akibatkan Kanker Darah pada Anak? Ini Penjelasan Pakar

Jus dari buah ini juga sangat baik untuk melancarkan aliran darah, karena dapat meminimalkan resiko pembekuan darah secara alami.

5 Mangga

Kandungan vitamin E dalam mangga memiliki peranan baik sebagai antikaogulan untuk mencegah penggumpalan darah. Di mana kandungan tersebut mampu menghambat trombosit jika jumlahnya terlalu tinggi.

Kondisi tingginya trombosit juga mampu membahayakan kesehatan tubuh.

Saat mengkonsumsi minuman segar diatas, setidaknya tubuh juga mendapat cukup asupan air putih, melakukan olahraga ringan sebagai langkah peregangan, serta menghindari segala hal yang menjadi penyebab darah dalam tubuh menggumpal. Dengan begitu proses pengenceran darah dapat berjalan lancar dan menuai hasil maksimal. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline