atasi lonjakan berat badan
Foto: Republika

5 Langkah Atasi Lonjakan Berat Badan Pascaliburan

Tahukah Anda apa yang dikhawatirkan oleh kebanyakan kaum hawa pascaliburan? Yaps, timbangan! Bayang-bayang timbangan badan akan naik setelah liburan tentulah menjadi momok yang sangat mengerikan.

Akibatnya, tak sedikit yang merasa tidak dapat menikmati liburannya karena selalu dihantui timbangan berat badan yang seolah siap meledak.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar badan tak membengkak setelah libur? Berikut tipsnya sebagaimana dilansir dari Tribunnews:

1. Minumlah segelas air sebelum makan

Meminum segelas air sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan karena perut kita sudah terisi air.

Hal ini akan mencegah kita untuk makan berlebihan.

2. Rencanakan makanan dan jumlah kalorinya

Ketika tiba waktu libur dan banyak waktu yang digunakan untuk bersenang-senang selama liburan, kita cenderung memakan apa pun yang kita inginkan.
Baiknya hentikan hal seperti ini.

Mulailah rencanakan makanan kita selama menjalani liburan.

Misalnya, jam berapa kita harus makan, makanan apa yang akan kita makan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, merencanakan apa yang kita makan pada hari esok, dan sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk mengatur jumlah asupan kalori, vitamin, serat, dan sebagainya dari makanan yang akan masuk ke dalam tubuh.

3. Jangan melewatkan waktu makan

Baiknya setelah makan makanan berlemak atau yang memiliki kalori tinggi, kita tidak melewatkan waktu untuk makan-makanan ringan setelahnya.

Pasalnya, pada saat tersebut tubuh kita akan masuk ke mode kelaparan jika kita melewatkan waktu makan.

Hasilnya, kita cenderung akan makan berlebihan saat waktu makan berikutnya, padahal hal ini bisa menyebabkan kita menimbun kalori ekstra.

Lebih baik kita membuat makanan yang ringan, tetapi tinggi akan serat dan vitamin.

4. Konsumsi lebih banyak protein, buah, dan sayuran

Karena kita harus menjauhi makanan yang tidak sehat, sebaiknya ganti dengan pilihan makanan yang lebih sehat, tetapi enak, seperti makan buah, salad, atau oatmeal.

5. Jalan-jalan ringan setelah makan berat

Setelah makan besar, biasanya kita menjadi kekenyangan dan lebih memilih untuk tidur atau duduk menonton TV.

Namun, hal ini justru cara paling ampuh dan cepat untuk menaikkan berat badan.

Sebagai gantinya, lakukanlah jalan-jalan santai, bahkan kalau perlu ajaklah seseorang untuk menemani kita mengobrol sepanjang jalan.

Aktivitas fisik akan membantu kita mencerna makanan dengan lebih baik dan akan memberi kelancaran pada metabolisme dalam tubuh. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *