makanan berkalori
Foto: Healthline

5 Makanan Berkalori Tinggi Ini Baik untuk Anda

Kalori merupakan musuh utama ketika kita berbicara tentang cara menurunkan berat badan. Banyak orang menghitung jumlah asupan kalori setiap harinya, dan biasanya menghindari makanan yang berkalori tinggi. 

Cara seperti itu justru membuat kita kehilangan nutrisi-nutrisi penting karena jenis makanan bernutrisi biasanya juga memiliki kalori yang tinggi. Menurut Nigel Mitchell, seorang nutrisionis untuk atlet, “Beberapa makanan yang berkalori tinggi tidak dianggap sebagai makanan yang baik, padahal sebenarnya nilai nutrisinya baik untuk tubuh.”

Berikut adalah 5 jenis makanan yang dianggap berkalori tinggi, padahal sebenarnya penting untuk berada dalam diet seimbang Anda.

1. Kacang pistachio (560 kal/100gr)

“Ini adalah kacang yang sangat baik untuk dikonsumsi. Saya menyarankan kacang ini dipanggang tanpa dikupas, karena pada saat harus mengupas kulit saat akan dikonsumsi, Anda akan makan dalam waktu yang lebih lama, mengizinkan otak untuk berkomunikasi dengan perut,” saran Nigel. “Pigmen hijau dan ungu di pistachio dipenuhi agen anti-oksidan.”

© 

2. Alpukat (160 kal/100gr)

Alpukat menjadi cukup populer akhir-akhir ini, sebenarnya hal ini cukup lumrah mengingat alpukat sangatlah sehat. “Alpukat sangat baik untuk setiap orang yang ingin memiliki lemak sehat. Merupakan sumber yang baik untuk vitamin,” ujar Nigel.
Hasil gambar untuk alpukat

3. Chia seeds (480 kal/100gr)

“Makanan ini memiliki banyak sekali nutrisi yang baik yang tidak cukup jika dijelaskan hanya dalam satu paragraf. Salah satu hal utama yang perlu diingat adalah untuk mengeluarkan seluruh lemak omega 3 dan nutrisinya, chia seeds harus direndam atau digiling,” saran Nigel. Oleh karena itu chia seeds adalah pilihan populer untuk overnight oats.

4. Cokelat (580 kal/100gr)

Anda mungkin terkejut melihat cokelat ada di dalam daftar ini, namun cokelat dengan tingkat biji cokelat yang tinggi (85% dan lebih) sangat baik untuk tubuh. “Biji cokelat dari flavonoid kakao dapat memperbaiki mood, meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, bahkan menyediakan mineral seperti zat besi dan kalsium.”

Hasil gambar untuk coklat

5. Fillet steak (300 kal/100gr)

“Dari perspektif nutrisi, daging steak adalah sumber protein, zat besi, dan vitamin B yang baik,” jelas Nigel.”Yang penting adalah saat mengonsumsi fillet steak, Anda harus membatasi porsinya dan tidak memakannya terlalu sering,” tambah Nigel.


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *