Unik, Informatif , Inspiratif

5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

0

Penyakit diabetes punya banyak pantangan makanan. Pantangan diabetes itu, salah satunya, yang paling sering dianjurkan untuk dijauhi adalah semua makanan yang mengandung gula tinggi. Pasien diabetes disarankan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti ikan dan beberapa jenis sayuran.

Beberapa sayur tidak boleh langsung disantap oleh penderita diabetes. Alasannya, karena sayuran ini secara tidak langsung memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Gula tersebut bisa terlihat pada rasa sayuran yang manis atau juga pada sayuran berpati yang biasanya bercita rasa manis. Pati sebaiknya dihindari karena akan berubah menjadi gula nantinya.

Berikut enam sayuran yang pantang dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Kentang

Foto: Detik

Sayuran yang tumbuh di dalam tanah umumnya punya indeks glikemik tinggi yang bisa mengakibatkan kadar gula darah naik, salah satunya adalah kentang. Kentang harus dihindari karena juga merupakan sayuran berpati.

BACA JUGA: Ini Mitos dan Fakta di Balik Kesegaran Agar-agar

2. Jagung

Foto: Tokopedia

Jagung punya rasa yang manis, terutama jagung manis. Tapi jagung yang tidak manis pun tetap tidak baik dikonsumsi penderita diabetes. Alasannya karena jagung merupakan makanan berpati.

3. Kacang

Foto: Dua Kelinci

Kacang memang tidak terasa manis, tapi tergolong makanan berpati. Karena itu lebih baik dikonsumsi dalam porsi tertentu dengan cara direbus atau dipanggang.

BACA JUGA: Makanan bagi Penderita Diabetes, Ini Dia

4. Tomat

Foto: Familinia

Tomat sebenarnya punya rasa manis yang kuat meski rasanya dominan asam. Untuk penderita diabetes, hindari banyak makan tomat mentah ataupun yang ada dalam makanan.

5. Ubi

Foto: Sajadah.co

Segala jenis ubi harus dihindari terutama ubi yang bercita rasa manis seperti ubi ungu dan ubi kuning.

Semua jenis ubi juga memiliki kandungan pati yang tinggi. Namun, jumlah patinya masih lebih rendah daripada kentang. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline