Unik, Informatif , Inspiratif

5 Manfaat Pelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh Manusia

0

Salah satu hewan yang banyak menjadi peliharaan adalah kucing. Kucing dipelihara karena tingkahnya yang lucu dan manja. Selain itu, kucing juga hewan yang lumayan penurut.

Studi menyatakan bahwa orang yang memelihara kucing ternyata bisa meningkat segi kesehatannya. Mulai dari mencegah alergi pada anak hingga meningkatkan percaya diri.

Dikutip dari Huffington Post, berikut manfaat memelihara kucing bagi kesehatan.

1. Lebih mudah berpikir positif

Memelihara kucing mampu membuat pikiran lebih positif. Menurut studi Cats Protection, sekitar 87 persen pemilik kucing merasa kondisi kesehatan mentalnya lebih baik.

BACA JUGA: Kucing Punya Sembilan Nyawa?

2. Jantung lebih sehat

Tidak disangka, memelihara kucing juga ternyata bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung. Fakta ini terungkap dalam studi dari University of Minnesota’s Stroke Institute, Amerika Serikat pada 2008.

3. Menyentuh bulunya, bisa membantu lebih tenang

Bagi pecinta kucing, mengelus bulu merupakan hal yang rutin dilakukan. Tak cuma kucing yang senang dielus, bagi orang yang mengelus dan merasakan lembutnya bulu kucing bisa menurunkan tingkat stres dan mengurangi tekanan darah.

Dilaporkan dalam Scientific American, getaran tubuh kucing saat dia tidur sekitar 20-140 Hertz rupanya bisa membantu mengatasi aneka penyakit.

4. Saat melakukan hal tak terduga, bikin pemilik tertawa lepas

Tingtkahnya yang lucu dan tak terduga sering memembuat orang yang melihatnya jadi tertawa.

BACA JUGA: Lantaran Biarkan Kucing Mati Kelaparan, Wanita Ini Mendapat Balasan Mengerikan di Akhirat

Selain melihat langsung tingkah unik kucing, peneliti juga mendapati orang yang menonton aksi kucing selama 20 menit bisa mengurangi stres. Hasil studi menunjukkan tingkat kortisol menurun sehingga stres berkurang.

5. Bantu perkembangan anak autisme

Seseorang dengan autisme sulit berkomunikasi dengan dunia sekitar. Namun, kehadiran hewan peliharaan bisa menjadi terapi yang membantu orang dengan autisme agar kondisinya lebih baik.

Hasil studi dari Prancis menyebutkan, anak autisme cenderung lebih tenang dan mampu bersosialisasi bila memiliki hewan peliharaan. []

SUMBER: LIPUTAN6

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.